Monday, February 19, 2018

RESENSI BUKU Orang-Orang Belanda di Pintu Darurat

RESENSI BUKU Orang-Orang Belanda di Pintu DaruratI. Identitas Buku.
Judul Buku  :
Orang-Orang Belanda di Pintu Darurat.
Nama Pengarang : M. Unggul Wibowo.
Nama Penerbit  : Putra Sukses.
Ketebalan Buku  : 75 lembar.
Tahun Terbit : 2006

II. Rangkuman/Ringkasan.
Akibat kapal-kapal Belanda sering tersesat di pantai selatan Jawa, mereka kemudian menelusuri kawasan ini untuk mencari peluang yang dapat mendatangkan keuntungan. Ketika perairan di sebelah utara Nusa Kambangan diketahui berpotensi untuk dijadikan pelabuhan, orang-orang Belanda kemudian berambisi mewujudkan daerah itu sebagai pelabuhan terpenting di kawasan selatan jawa.
Masa tanam paksa dan liberaslisne adalah masa-masa kejayaan pelabuhan Cilacap. Berbagai barang komoditi ekspor dikirim melalui pelabuhan ini ke negeri Belanda. Untuk mengamankan, Cilacap dari serangan musuh seberang lautan, sistem pertahanan pun dibangun di sekitar pantai. Pada saat serangan tentara Jepang datang dari utara, pelabuhan Cilacap berubah menjadi pintu darurat untuk mengungsikan orang-orang Belanda ke Australia.

III. Kelebihan & Kekurangan.
a. Kelebihan.
Bahasanya baku, namun sangat mudah di mengerti. Ukuran font tidak terlalu kecil, sehingga kita tidak terlalu lelah untuk membacanya. Disertai beberapa gambar ilustrasi, membuat lebih paham. Pada halaman terakhir juga terdapat gambar peta cilacap, membuat semakin menarik.
b. Kelemahan.
Covernya tidak menarik, walau ilustrasinya bagus. Pemilihan jenis font pada judul, biasa saja. Kurang menarik. 


Baca Juga Kumpulan Resensi bertemakan Sejarah disini

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment