Thursday, February 08, 2018

Pengertian Antropologi Menurut Pendapat Sendiri

Pendapat ,saya antropologi menjadi sangat penting di zaman sekarang. Walaupun antropologi masih tergolong ilmu baru, antropologi bisa mengambil peran di dalam kehidupan. Dulu antropologi hanya mengkaji atau mempelajari orang primitif. Tetapi sekarang lain lagi, antropologi tidak hanya mempelajari orang-orang primitif saja. Sekarang ini antropologi digunakan untuk mempelajari kehidupan masyarakat desa , masyarakat kota, orang-orang gelandangan atau pengemispun bisa dipelajari.Bahkan antropologi bisa saja mempelajari kehidupan dan pola hidup orang Eropa sendiri.

            Memang, manusia dan budaya-budayanya menjadi obyek bagi antropologi.Dan bagi orang Eropa, itu adalah orang-orang primitif yang di pelajari. Kalau sekarang ilmu antropologi juga digunakan untuk mengkaji  kehidupan orang-orang kaya,orang-orang kota, dan masih banyak lagi.

            Mungkin di dalam kehidupan ilmu antropologi masih dipandang sebelah mata, masih  dianggap asing dan tidak perlu untuk dipelajari. Padahal antropologi sangat penting untuk dipelajari di zaman sekarang ini. Orang-orang sekarangpun tidak semuanya tahu apa itu antropologi.

            Antropologi memang ilmu yang baru bagi orang-orang awam. Dan tidak hanya ilmunya,kata-kata antropologipun menjadi sebuah kata baru yang baru mereka dengar. Semua itu dikarenakan antropologi belum diajarkan disemua tingkat pendidikan. Di Indonesia seharusnya antropologi digunakan untuk mengatur kehidupan bangsa. Yang dimana antropologi ini bisa memajukan Indonesia. Karena jika semua rakyat Indonesia mempelajari antropologi, pasti negara ini akan damai. Tidak akan ada perang antar suku, perang antar agama, perang dengan negara lain, demo-demopun pasti tidak ada, tawuran antar pelajar juga tidak ada, dan masih banyak lagi.Bahkan terorisme juga tidak ada. Dan semua itu dikarenakan tidak semua penduduk Indonesia mempelajari imu antropologi dan kurangnya rasa toleransi. Andaikan antropologi sudah dipelajari oleh semua orang Indonesia sejak dulu, pasti Indonesia menjadi negara maju yang mampu bersaing dengan negara-negara Eropa.

            Ilmu antropologi ini tidak hanya penting di dalam kehidupan. Di dalam permainan sepak bolapun antropologi sangat penting untuk dipelajari. Supaya diantara pemain tidak ada saling menghina agama, ras, suku, dll. Seperti kasus yang dialami pemain sepak bola Perancis Zinedine Zidane.Dalam piala dunia 2006 Zidane menjatuhkan Materrazi pemain Italia karena Zidanemerasa agamanya dihina. Lalu Zidane menjatuhkannya dengan tandukan kepalanya. Sedangkan contoh lainnya yaitu kasus rasisme yng dialami pemain Chelsea dan Liferpool. Yaitu John Terry dan Luis Suerez . Di sebuah pertandingan Suarez menghina Evra pemain Manchester United yang berkulit hitam. Dan John Terrypun juga kasus yang sama,Terry menghina adik Rio Ferdinand yang berkulit hitam yaitu Anton Ferdinand yang bermain untuk Queens Park Ranger dengan kata-kata rasisme. Akibatnya John Terry dihukum tidak boleh membela timnya sebanyak 4 kali pertandingan.


            Kesimpulannya, antropologi menjadi ilmu yang penting dipelajari di berbagai aspek kehidupan dan semua kalangan.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment