Thursday, March 22, 2018

Makalah Tentang Pengaruh Merokok terhadap Prestasi Belajar Siswa


Makalah Tentang
Pengaruh Merokok terhadap Prestasi Belajar Siswa
 





Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah :

Dosen Pengampu :
Dra. Sinta Saraswati, M,Pd .Kons

BRAMUDIAN
1706431023
Rombel 4

JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2008


KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkatkan kehadirat Allah S.W.T berkat rahmatnya saya di beri kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini. Tanpa rahmat Allah mungkin saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh merokok terhadap prestasi belajar siswa sekolah terhadap mutu pendidikan yang disajikan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah S.W.T akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Pengaruh Merokok terhadap Prestasi Belajar Siswa” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.



Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Dari sisi industri, tembakau adalah devisa, aset, mata pencaharian, dan sumber pendapatan, serta keuntungan negara Indonesia. Untuk alasan itu perusahaan tembakau tetap eksis dan berkembang hingga saat ini dan di buat iklan rokok yang menarik dan membuat rasa penasaran orang untuk mencoba menikmatinya. Hingga pada akhirnya orang tersebut ketagihan dan menjadi konsumen setia industri rokok.

Dengan berbagai iklan industri rokok berusaha membujuk calon konsumennya tanpa pandang bulu untuk menjadi perokok. Padahal di belakang bungkus rokok terdapat slogan merokok dapat mengakibatkan, gangguan kehamilan, kanker, serangan jantung dan lain-lain. Setiap orang yang merokok di buat tidak peduli dengan slogan yang tertulis dengan rasa candu di dalam putung rokok itu. Tentu salah satu yang menjadi sasaran iklan adalah pelajar. Terbukti banyak pelajar yang menjadi konsumen rokok.

Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap Pelajar Indonesia.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Merokok terhadap Prestasi Belajar Siswa”, terkait dengan program dan aturan di setiap sekolah terhadap siswa larangan merokok.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran guru dalam proses perilaku siswa di dalam pergaulan di sekolah ? perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara agar siswa tidak terjerumus pergaulan yang menyebabkan siswa tersebut merokok  ?

C. Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah, dapat di ambil suatu permasalahan yang di hadapi yakni seberapa pentingnya guru dalam memberi bimbingan agar siswanya tidak terjerumus pergaulan bebas hingga kecanduan merokok.


D. Tujuan Penulisan
1. Membuat peraturan larangan merokok pada usia sekolah.
2. Membangkitkan kesadaran anak remaja tentang bahaya merokok.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Menyelamatkan Masa Depan Pelajar
Banyak orang sepakat kalau pelajar sebaiknya jangan merokok, baik karena alasan ekonomi ataupun oleh alasan kesehatan  yang akan mempengaruhi prestasi belajarnya dan masa depannya. Tetapi kenyataannya tidak demikian, Kita menemukan pelajar merokok dimana-mana bahkan di lingkungan sekolah. Kenyataan tersebut hal yang harus dipikirkan secara serius karena akan membawa dampak yang kurang baik terhadap masa depan bangsa.

Sejauh ini, belum ada peraturan dan kebijakan untuk menjaga  pelajar dari bahaya rokok. Dalam kehidupan sehari-hari kita melihat para orang tua  memberikan contoh yang kurang baik kepada pelajar tentang kebiasaan merokok. Di sekolah sebagai pusat kegiatan belajar formal siswa sekolah, masih terdapat Guru  Sekolah yang merokok di sekolah, atau merokok sambil mengajar.

Untuk menyelamatkan masa depan pelajar dari bahaya merokok dan narkoba, tidak perlu menutup pabrik rokok sebagai sumber mata pencaharian. Para perokok di harapkan untuk menghargai pelajar dan menghargai orang yang tidak  merokok. Secara nalar bangsa kita membenarkan bahwa meniup asap rokok di depan orang yang tidak merokok adalah perbuatan tidak terpuji.

Sekolah merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal sebagai tempat untuk mendidik anak bangsa agar tidak merokok.


BAB III
PENUTUP

A. SIMPULAN
Berdasarkan  pembahasan “Peranan Sekolah untuk menyelamatkan masa depan pelajar” dapat disimpulkan bahwa :
  1. Peranan sekolah sangat menunjang peserta didik untuk hidup sehat dan berprestasi.

  1. Terutama guru sangat berperan penting untuk membimbing peserta didik agar dapat berpikir positif dan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang dapat menyebabkan siswa merokok.

  1. Pengelolaan kantin harus baik sekolah perlu bekerjasama dengan penjual kantin agar tidak menjual rokok di sekolah.


B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
  1. Sebaiknya setiap guru perlu mengadakn operasi setiap seminggu sekali untuk mencegah siswa yang membawa rokok ke sekolah.
  2. Petugas sekolah seperti satpam atau guru bk harus memberi arahan agar siswa tersebut tidak merokok.
  3. Penjual di kantin tidak menyediakan rokok di dalam kantin.
DAFTAR PUSTAKA

http://jeniuspemalas.blogspot.com/2009/06/bahaya-merokok-untuk-pelajar.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment