Monday, February 12, 2018

MAKALAH Peranan Ulama Di Dalam Masyarakat

MAKALAH
Peranan Ulama Di Dalam
Masyarakat


Disusun guna memenuhi tugas
Mata kuliah  Sejarah Sosial
Oleh

Ananda saputra
31010101234

JURUSAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012


KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkatkan kehadirat Allah S.W.T berkat rahmatnya saya di beri kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini. Tanpa rahmat Allah mungkin saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar peranan ulama di masyarakat. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah S.W.T akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “peranan KH. M. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah seorang tokoh pendiri organisasi islam di indonesia” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.












BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Peranan ulama dalam menyebarkan agama islam di indonesia sangat besar. Sesuai dengan berkembangnya zaman semakin banyak ulama – ulama yang bermunculan. Peranan ulama di dalam masyarakat sangat besar sekali dalam menyebarkan ajaran – ajaran agama islam di indonesia. KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu contoh peranan ulama yang cukup mempengaruhi di dalam masyarakat. Dilahirkan memiliki garis nasab keturunan silsilah dari Nabi Muhammad SAW. Hingga peranan - peranannya dalam masyarakat di indonesia
Peranan - peranan KH. M. Hasyim Asy’ari yang sangat besar bagi masyarakat indonesia ini sengaja dipilih karena menarik untuk dicermati dan perlunya mendapat dukungan dalam memberitahukan peran yang di lakukan KH. M. Hasyim Asy’ari di dalam masyarakat.
B. RUMUSAN MASALAH
1. siapa itu KH. M. Hasyim Asy’ari?
2. bagaimana peranan dari KH. M. Hasyim Asy’ari?
3. apa saja karya-karya yang di hasilkan KH. M. Hasyim Asy’ari ?
C.  MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain, yaitu:
1. sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai peranan ulama di masyarakat
2. sebagai bahan evaluasi bagi pembaca makalah
3. sebagai referensi bagi pembaca

BAB II
KH. M. Hasyim Asy’ari  lahir Pada Hari Selasa Kliwon tanggal 14 Februari 1871 M, yang bertepatan dengan 24 Dzulqo’dah 1287, beliau kemudian diberi nama Muhammad Hasyim. Kelak beliau terkenal dengan nama Muhammad Hasyim Asy’ari. Nama yang dibelakang ini adalah nama ayahnya, Kiai Asy’ari. KH. M. Hasyim Asy’ari  bila di tarik garis nasabnya keatas maka beliau akan bersambung dengan Nabi Muhammad SAW, lewat Maulana Ishaq. Ayah Hadratus Syekh bernama Kiai Muhammad Asy’ari, seorang ulama’ tangguh berasal dari Gubug, Purwodadi Jawa tengah. Beliau adalah keturunan kelima Abdurrohman alias Joko tingkir. Menuntut ilmu ke berbagi pondok pesantren diantaranya Demak, Kudus, Jombang. Kemudian, tepatnya di desa keras beliau mendirikan pondok pesantren dan Masjid sebagai pusat pembelajaran serta peribadatan masyarakat sekitar. Dan di sanalah beliau dimakamkan.
Dari Komite Hijaz hingga Pendirian NU
Penjajahan panjang yang mengungkung bangsa Indonesia menggugah kesadaran kaum terpelajar untuk memperjuangkan martabat bangsa, melalui jalan pendidikan dan organisasi. Pada tahun 1908 muncul sebuah gerakan yang biasa disebut Kebangkitan Nasional. Semangat Kebangkitan Nasional terus menyebar ke mana-mana, sehingga muncullah berbagai organisai pendidikan, sosial, dan keagamaan.
Di kalangan pesantren muncul pula organisasi-organisasi pergerakan, seperti Nahdlatut Wathan (Kebangkitan Tanah Air) tahun 1916, dan Taswirul Afkar tahun 1918 (dikenal juga dengan Nahdlatul Fikri atau Kebangkitan Pemikiran). Dari situ kemudian didirikan Nahdlatut Tujjar, (Pergerakan Kaum Saudagar). Serikat itu dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya Nahdlatul Tujjar, maka Taswirul Afkar tampil sebagi kelompok studi serta lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota. Tokoh utama dibalik pendirian tafwirul afkar ini adalah tokoh muda, KH Abdul Wahhab Hasbullah (pengasuh PP. Bahrul Ulum Tambakberas), yang juga murid Hadratus syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Kelompok ini lahir sebagai bentuk kepedulian para ulama terhadap tantangan zaman di kala itu, baik dalam masalah keagamaan, pendidikan, sosial dan politik.
Pada masa itu, Raja Saudi Arabia, Ibnu Saud, berencana menjadikan madzhab Wahabi sebagai madzhab resmi Negara. Dia juga berencana menghancurkan semua peninggalan sejarah Islam yang selama ini banyak diziarahi kaum Muslimin dari seluruh penjuru dunia, karena dianggap bid’ah.
Di Indonesia, rencana tersebut mendapat sambutan hangat kalangan modernis seperti Muhammadiyah di bawah pimpinan Ahmad Dahlan, maupun PSII di bahwah pimpinan H.O.S. Tjokroaminoto. Sebaliknya, kalangan pesantren yang selama ini membela keberagaman, menolak pembatasan bermadzhab dan penghancuran warisan peradaban tersebut. Akibatnya, kalangan pesantren dikeluarkan dari keanggotaan Kongres Al Islam serta tidak dilibatkan sebagai delegasi dalam Mu’tamar ‘Alam Islami (Kongres Islam Internasional) di Mekah yang akan mengesahkan keputusan tersebut.
Didorong oleh semangat untuk menciptakan kebebasan bermadzhab serta rasa kepedulian terhadap pelestarian warisan peradaban, maka KH. Hasyim Asy’ari bersama para pengasuh pesantren lainnya, membuat delegasi yang dinamai Komite Hijaz. Komite yang diketuai oleh KH. Wahab Hasbullah ini datang ke Saudi Arabia dan meminta Raja Ibnu Saud untuk mengurungkan niatnya. Pada saat yang hampir bersamaan sama, datang pula tantangan dari berbagai penjuru dunia Islam atas rencana Raja Ibnu Saud tersebut, sehingga rencana itupun digagalkan. Hasilnya, hingga saat ini umat Islam bebas melaksanakan ibadah di Mekah sesuai dengan madzhab mereka masing-masing. Itulah peran internasional kalangan pesantren pertama, yang berhasil memperjuangkan kebebasan bermadzhab dan berhasil menyelamatkan peninggalan sejarah serta peradaban yang sangat berharga.
Tahun 1924, kelompok diskusi taswirul afkar ingin mengembangkan sayapnya dengan mendirikan sebuah organisasi yang ruang lingkupnya lebih besar. Hadratus syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari yang dimintai persetujuannya tentang rencana tersebut, meminta waktu untuk mengerjakan shalat istikharah, menohon petunjuk dari Allah. Namun dinanti-nanti sekian lama, petunjuk itu belum juga datang. Kiai Hasyim Asy’ari sangat gelisah. Dalam hati kecilnya beliau ingin berjumpa dan membicarakan hal itu kepada gurunya, KH Khalil bin Abdul Latif, Bangkalan.
Ketika KH. M. Hasyim Asy’ari menerima kedatangan pemuda As’ad, dan mendengar ayat tersebut, hatinya langsung bergentar. Keinginanku untuk membentuk jamiyah agaknya akan tercapai
Dan pada Akhirnya, pada tanggal 16 Rajab 1344 H/31 Januari 1926 M, organisasi itu telah lahir dengan nama jam’iyah Nahdhatul Ulama’, yang artinya kebangkitan ulama. KH. M. Hasyim Asy’ari dipercaya sebagai Rais Akbar pertama. Kelak, jam’iyah ini menjadi organisasi dengan anggota terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.
karya-karya Hadratus syekh
Adapun karya-karya Hadratus syekh yang dapat di telusuri dan dinikmati hingga saat ini diantaranya ialah:
1. Al-Tibyan fi an-nahy ‘an muqathaah al-arham wa al-aqarib wa al-ikhwan. Penjelasan dalam melarang memutus silaturrahim sanak famili, kerabat dan saudara.
2. Mukaddimah al-Qanun al-Asasy Li Jam’iyyah Nahdhatul Ulama. Pembukaan undang-undang dasar (landasan hukum pokok) organisasi Nahdhatul Ulama’
3. Risalah fi ta’kid al-akhdz bimadzhab al-aimmah al-arba’ah. Risalah yang menerangkan memperkuat berpegang teguh atas madzhab empat.
4. Mawaidz. Beberapa Nashihat.
5. Arba’in haditsan tata’alliq bi Mabadi’ Jam’lyah Nahdhatul Ulama’. 40 hadits Nabi yang terkait dengan dasar-dasar Nahdhatul Ulama’
Kelima kitab Hadratus syekh di atas yaitu,at-tibyan, al-qanun al-asasy, risalah, dan arbain dikumpulkan menjadi satu kitab yang diatasnya diberi judul besar AT-TIBYAN berjumlah 41 halaman.
1. An-Nur al-Mubin fi mahabbah sayyid al-mursalin. Cahaya yang jelas menerangkan cinta kepada pemimpin para rasul.
2. At-Tanbihat al- Wajibatliman yashna’ al-maulid bi al-munkarat. Peringatan-peringatan wajib untuk orang yang mengadakan kegiatan maulid dicampuri dengan kemungkaran
3. Risalah Ahli Sunnah Wal Jama’ah fi hadits al-mauta wa syrat as-sa’ah wa bayan mafhum as-sunnah wa al-bid’ah. Risalah ahli sunnah wal jama’ah menerangkan tentang hadits-hadits yang menjelaskan kematian serta tanda-tanda hari qiyamat dan menjelaskan kefahaman sunnah dan bid’ah.
4. Ziyadah Ta’liqat a’la mandzumah as-Syekh ‘abdullah bin yasin al-fasuruani . Tambahan yang berhubungan atas nadzm syekh abdullah bin yasin Fasuruan.
5. Dhu’ul Misbah fi bayan ahkam an-nikah. Cahayanya sebuah yang benderang menerangkan hukum-hukum nikah.
6. Ad-Durosul Muntasyiroh Fi Masail Tis’a ‘asyaraoh. Mutiar yang memancar dalam menerangkan 19 masalah.
7. Hasyiyah ‘ala Fath ar-rahman bi syarah risalah al-wali ruslan li Syekh al-islam Zakariya al-anshari. Komentar atas kitab fath ar-rahman penjelas kitab risah al-wali ruslan karya Syekh al-islam Zakariya al-anshari.
8. Ar-rsalah at-tauhidiyah. Risalah tauhid.
9. Al-qalaid fi bayani ma yajib min al-aqaid.
10. Ar-risalah al-jama’ah.[2]
11. Ar-risalah fi al -’aqaid. Menerangkan aqidah
12. Ar-risalah fi at-tasawwuf. Menerangkan tentang ilmu tashawwuf
13. Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim fima yahtaju ilaih al-muta’allim fi ahwal ta’limih wa ma yatawaqqaf ‘alaih al-muallim fi maqat ta’limih .Sopan santun orang yang alim dan pelajar





KESIMPULAN
.KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu contoh peranan ulama yang cukup mempengaruhi di dalam masyarakat. Karya – karya yang di hasilkannya adalah salah satu bentuk penyebaran ajaran – ajaran tentang islam di indonesia. Menjadi komite hijaz sampai mendirikan organisasi islam terbesar di indonesia merupakan suatu bukti bentuk peranannya dalam masyarakat. Peranan yang di lakukan oleh KH. M. Hasyim Asy’ari dalam masyarakat menjadikannya seseorang yang patut untuk menjadi panutan dalam menyebarkan agama islam bagi kalangan muslim di indonesia.




















DAFTAR PUSTAKA

Friday, February 09, 2018

Download film sejarah pada zaman pra aksara (film 10.000 BC)

download film pra aksaraFilm 10.000 BC ini mungkin kurang tepat bila 10.000 BC di kategorikan sebagai film sejarah. 10.000 BC saya masukan ke sini karena dalam film ini setidaknya kita bisa melihat bagaimana kehidupan zaman pra aksara. Kehidupan dari manusia purba yg masih bergantung pada alam dapat dilihat di dalam film 10.000 BC.

10.000 BC menurut saya dapat menjadi pembelajaran sejarah pada materi manusia pra aksara, sehingga bapak - ibu guru bisa lebih mudah membuat anak didiknya mengerti tentang kehidupan pada masa pra aksara.

untuk lebih mengenal tentang masa pra aksara bisa buka pada link dibawah ini
Ciri - ciri manusia purba di indonesia
- Hasil Kebudayaan zaman batu dan zaman logam
- Pengertian zaman pra aksara
- Pembagian zaman menurut geologi
- Manusia purba di Dunia

Film ini bercerita tentang epik prasejarah tentang perjalanan pemuda pemburu mammouth melewati wilayah yang belum dipetakan demi menyelamatkan sukunya dari para penculik. Dan ia harus melawan monster di sepanjang jalan. untuk mendonwload filmnya bisa klik link donwload dibawah ini

DOWNLOAD FILM 10.000 BC

Cara mendownload
1. kLIK dOWNLOAD lalu akan muncul halaman ad.fly
2. tunggu 5 detik sampai muncul tulisan Skip ad di pjok kanan atas
3. lalu Klik Skip ad setelah itu muncul halaman solidfiles
4. dan Klik Download

Thursday, February 08, 2018

Istilah dalam Jaringan Komputer

1.AVI (Audio Video Interleave)
Merupakan format audio dan video yang digunakan oleh Windows, 
yang merupakan format umum untuk film dan video yang singkat. Sebuah klik film berdurasi 20 detik dalam format .avi bisa berukuran sebesar 3MB

2.Mailing List (Milis)
Suatu tempat diskusi melalui e-mail antara beberapa peserta online.

3.MAN 
Sistem jaringan komputer yang  digunakan untuk menggabungkan komputer antar gedung dalam satu kota

4.LAN
Sistem jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu gedung.

5.Modem (Modulate/Demodulate)
Suatu alat bantu bagi komputer untuk berkomunikasi satu sama lain 
melalui jaringan telepon. 

6.Morphing 
Dikenal orang sebagai penggabungan bentuk atau gambar-gambar yang disempurnakan

7.Adapter
Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.
 8.Batch
Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan. 

9. Benchmark
Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.


10.Cache memory
Tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

11. Capture
Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

12. Chip
Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.

13. Computer Graphics Interface/ CGI
Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

14.Crash
Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

15. Cray
Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 MHz.

16. Data compression
Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien

17. Desktop Publishing
Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.

18. Dial Access
Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa .

19.Download:proses pengunduhan suatu file dari internet.

20.upload:proses pengunggahan suatu file dari komputer ke dunia maya.

21. DOS
Sinngkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputer beroperasi

22. Expansion Bus
Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.
23.Ethernet
Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.

24. Feature
Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.

25. Firewall
Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

26. GIF/ Graphics Interchange Format
Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded  ke online services.

27. Grapical User Interface / GUI
Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.

28. Groupware
Tipe software/ peringkat tinggi yang mendukung penggunaan objek pada waktu yang bersamaan (seperti dokumen, kalender, dan spreadsheet) oleh banyak pengguna jaringan.

29. Home PC
merupakan jenis komputer pribadi yang dirancang untuk dipakai di rumah dan harganya sesuai dengan barang rumah tangga termasuk dengan fasiliti hiburannya.

30.ZIP
Nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP.

31. Host
Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.

32. Hypermedia
Integrasi grafik, suara dan video, atau sebarang kombinasi menjadi penyimpanan dan pemanggilan sistem inforamsi asosiasi yang primer.

33. Impact Printer
Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

34. Ink-jet Printer
Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.

35. Intel
Salah satu perusahaan pembuat mikroprosesor yang mempopularkan Pentium yang terkenal di dunia.

36. IDE/ Integrated Devide Elektronic
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.

37. ISO/ International Piawaiands Organization
Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional.

38. Intranet
Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi.

39.Imaging
 jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan.

40. Jack
Konektor yang dirancang khusus untuk menerima stopkontak. Biasanya jack dihubungkan ke rangkaian untuk membuat hubungan audio-video.


41. Log-on atau Log-in
Proses awal 'menggunakan' suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

42. Multiuser system
Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.

43. Offline
Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

44. Online
Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

45. Postcript Page Description Language
Bahasa pemrograman yang khusus untuk mendefinisikan tampilan dokumen, biasanya menyediakan kapabilitas huruf yang fleksibel dan grafik dengan kualitas tinggi.

46. Plotter
Alat untuk menggambar grafik, diagram dan grafik garis lainnya yang menggunakan pena atau muatan elektrostatik dan toner.

47. Pentium
Sebutan untuk prosesor Intel 80586 disebut juga P5. Prosesor Pentium berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 3.1 juta buah transistor.

48.Prosesor
Alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

49.Pixel
Suatu titik kisi-kisi yang terdiri dari ribuan titik satu per satu untuk membentuk suatu gambar pada layar oleh komputer atau pada kertas printer.

50.Port
Tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.

10 Pendiri Peusahaan Laptop di dunia

1. Michael Dell, pendiri Dell

Dell Inc. tampaknya lebih memfokuskan pada usaha-usaha untuk mengurangi biaya ketimbang mengeluarkan inovasi baru. Hal ini sejalan dengan sejarah perusahaan dalam memasarkan unit-unit dengan biaya yang seminimal mungkin melalui penjualan langsung ke konsumen. Dalam interview dengan Business Week, Tuan Dell mengatakan, "Perusahaan ini tahu bagaimana caranya melakukan sesuatu yang pernah dilakukan sebelumnya dengan baik."

2. Stan Shih, pendiri Acer

Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Grup pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100 negara. Pendapatannya pada 2002 adalah US$12,9 miliar. Kantor pusatnya terletak di Kota Sijhih, Taipei County, Taiwan. Pasaran Acer di Amerika Utara telah merosot dalam beberapa tahun terakhir sementara pasar Eropanya terus meningkat. Kesuksesannya di Eropa sebagian karena pensponsoran dari Tim Formula 1 Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

3. Ichisuke Fujioka dan Hisashige Tanaka, pendiri Toshiba

Toshiba adalah perusahaan yang memproduksi elektronik teknologi tinggi yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Toshiba adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Toshiba saat ini kebanyakan buatan RRC. Semikonduktor buatan Toshiba termasuk ke dalam jajaran 20 Semikonduktor dengan Penjualan Terbesar. Tahun 2009, Toshiba merupakan perusahaan komputer terbesar kelima di dunia, di bawah Hewlett-Packard dari AS, Dell dari AS, Acer dari Taiwan, dan Lenovo dari China.

4. Jonney Shih dan Jerry Shen, pendiri Asus

Asustek Computer, Inc. atau sering disebut ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, dan produk komputer lainnya. Pesaing utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte.

5. Bill Hewlett dan Dave Packard, pendiri HP

Ketika hendak menamakan perusahaannya, Bill Hewlett dan Dave Packard melakukan lempar koin untuk menentukan nama yang akan digunakan, apakah Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett. Setelah melihat namanya sekarang adalah Hewlett-Packard, padahal yang menang dalam lempar koin tersebut bukan Bill Hewlett, tetapi Dave Packard.

6. Rod Canion, pendiri Compaq

Compaq Computer Corporation dulunya merupakan perusahaan komputer pribadi Amerika Serikat yang didirikan tahun 1982, dan sekarang merupakan salah satu merek dari perusahaan Hewlett-Packard. Perusahaan ini didirikan oleh Rod Canion, Jim Harris dan Bill Murto, mantan manajer senior Texas Instruments. Nama "COMPAQ" merupakan singkatan dari "Compatibility and Quality" (kompatibilitas dan mutu), dan pada waktu pendirian, Compaq memproduksi sejumlah komputer kompatibel IBM PC. Pernah menjadi pemasok sistem komputer pribadi terbesar di dunia, Compaq menjadi perusahaan independen hingga tahun 2002, dimana bergabung dengan Hewlett-Packard.

7. Liu Chuanzhi, pendiri Lenovo

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.

8. Akio Morita, pendiri Sony

Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940-an. Seiring dengan berkembangnya Sony sebagai perusahaan internasional yang besar, ia membeli perusahaan lain yang mempunyai sejarah yang lebih lama termasuk Columbia Records (perusahaan rekaman tertua yang masih ada, didirikan pada tahun 1888). Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang merupakan akar dari sonik dan bunyi, dan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan. Pada saat itu, sangatlah aneh bagi sebuah perusahaan Jepang untuk menggunakan huruf Roman untuk mengeja namanya, apalagi penggunaan aksara fonetis yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang (daripada menggunakan aksara Tionghoa). Dan pada 1958, perusahaan mulai secara formal mengadopsi nama "Sony Corporation" sebagai nama perusahaan. Mudah digunakan dan mudah dieja dalam segala bahasa dunia. Nama Sony menggaungkan semangat kebebasan dan keterbukaan dalam inovasi.

9. Steve Jobs, pendiri apple

Apple, Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online.

10. David Kartono, pendiri Axioo

Indonesia patut berbangga karena Axioo, salah satu komputer merek lokal berhasil menembus jajaran produk dunia dan menjadi salah satu produk yang mengadopsi prosesor Intel Core generasi kedua. Axioo Neon HNM menjadi notebook 14 inci pertama di dunia yang sudah menggunakan teknologi prosesor yang sebelumnya disebut Sandy Bridge itu.

Pengertian Antropologi Menurut Pendapat Sendiri

Pendapat ,saya antropologi menjadi sangat penting di zaman sekarang. Walaupun antropologi masih tergolong ilmu baru, antropologi bisa mengambil peran di dalam kehidupan. Dulu antropologi hanya mengkaji atau mempelajari orang primitif. Tetapi sekarang lain lagi, antropologi tidak hanya mempelajari orang-orang primitif saja. Sekarang ini antropologi digunakan untuk mempelajari kehidupan masyarakat desa , masyarakat kota, orang-orang gelandangan atau pengemispun bisa dipelajari.Bahkan antropologi bisa saja mempelajari kehidupan dan pola hidup orang Eropa sendiri.

            Memang, manusia dan budaya-budayanya menjadi obyek bagi antropologi.Dan bagi orang Eropa, itu adalah orang-orang primitif yang di pelajari. Kalau sekarang ilmu antropologi juga digunakan untuk mengkaji  kehidupan orang-orang kaya,orang-orang kota, dan masih banyak lagi.

            Mungkin di dalam kehidupan ilmu antropologi masih dipandang sebelah mata, masih  dianggap asing dan tidak perlu untuk dipelajari. Padahal antropologi sangat penting untuk dipelajari di zaman sekarang ini. Orang-orang sekarangpun tidak semuanya tahu apa itu antropologi.

            Antropologi memang ilmu yang baru bagi orang-orang awam. Dan tidak hanya ilmunya,kata-kata antropologipun menjadi sebuah kata baru yang baru mereka dengar. Semua itu dikarenakan antropologi belum diajarkan disemua tingkat pendidikan. Di Indonesia seharusnya antropologi digunakan untuk mengatur kehidupan bangsa. Yang dimana antropologi ini bisa memajukan Indonesia. Karena jika semua rakyat Indonesia mempelajari antropologi, pasti negara ini akan damai. Tidak akan ada perang antar suku, perang antar agama, perang dengan negara lain, demo-demopun pasti tidak ada, tawuran antar pelajar juga tidak ada, dan masih banyak lagi.Bahkan terorisme juga tidak ada. Dan semua itu dikarenakan tidak semua penduduk Indonesia mempelajari imu antropologi dan kurangnya rasa toleransi. Andaikan antropologi sudah dipelajari oleh semua orang Indonesia sejak dulu, pasti Indonesia menjadi negara maju yang mampu bersaing dengan negara-negara Eropa.

            Ilmu antropologi ini tidak hanya penting di dalam kehidupan. Di dalam permainan sepak bolapun antropologi sangat penting untuk dipelajari. Supaya diantara pemain tidak ada saling menghina agama, ras, suku, dll. Seperti kasus yang dialami pemain sepak bola Perancis Zinedine Zidane.Dalam piala dunia 2006 Zidane menjatuhkan Materrazi pemain Italia karena Zidanemerasa agamanya dihina. Lalu Zidane menjatuhkannya dengan tandukan kepalanya. Sedangkan contoh lainnya yaitu kasus rasisme yng dialami pemain Chelsea dan Liferpool. Yaitu John Terry dan Luis Suerez . Di sebuah pertandingan Suarez menghina Evra pemain Manchester United yang berkulit hitam. Dan John Terrypun juga kasus yang sama,Terry menghina adik Rio Ferdinand yang berkulit hitam yaitu Anton Ferdinand yang bermain untuk Queens Park Ranger dengan kata-kata rasisme. Akibatnya John Terry dihukum tidak boleh membela timnya sebanyak 4 kali pertandingan.


            Kesimpulannya, antropologi menjadi ilmu yang penting dipelajari di berbagai aspek kehidupan dan semua kalangan.

Sunday, February 04, 2018

Download RPP sejarah PROTA, PROMEST, Soal dan kunci jawaban SEJARAH INDONESIA dan SEJARAH PEMINATAN KURIKULUM TERBARU

MAKALAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH

Sejarah memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia pada masa sekarang. Subagyo (2010:52) dan Wasino (2007:14) menyebutkan bahwa paling tidak ada beberapa guna sejarah bagi manusia yang mempelajarinya, yakni (1) edukatif (untuk pendidikan), (2) instruktif (memberikan insruksi/ perintah), (3) inspiratif (memberikan ilham), serta (4) rekreatif (memberikan kesenangan).
Sejarah memiliki fungsi edukatif (untuk pendidikan) karena dengan memahami sejarah berarti telah diambil satu manfaat atau hikmah dari terjadinya sutu peristiwa sejarah. Kaitannya antara sejarah dengan pendidikan, ada sebuah kalimat bijak tentang peranan sejarah bagi manusia yang berbunyi historia vitae magistra yang bermakna “ sejarah adalah guru kehidupan”. Makna sejarah sebagai guru kehidupan ini sangat dalam, karena memerlukan pemikiran mengapa sampai sejarah itu digunakan sebagai guru kehidupan. Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa sejarah memiliki fungsi pendidikan, yang mengajarkan bagaimana manusia seharusnya bertindak dengan melihat peristiwa yang telah terjadi untuk kemudian diambil hikmahnya. Kuntowijoyo (1995:24) menerangkan bahwa ada beberapa fungsi sejarah kaitannya dengan sarana pendidikan, yaitu sebagai pendidikan moral, penalaran, politik, kebijakan, perubahan, masa depan, dan keindahan. Collingwood (1990:254) “ bahwa mengenal diri sendiri berarti mengenal apa yang kita mampu lakukan, dan seorangpun mengetahui apa yang bisa dia perbuat sampai dia mencobanya, maka satu-satunya kunci untuk mengetahui apa yang bisa diperbuat seseorang adalah apa yang telah dia perbuat, maksudnya adalah dari sejarah masa lampaunya”. Wineburg (2006:8) bahwa “sejarah memiliki potensi untuk menjadikan kita manusia yang berperikemanusiaan, hal yang tidak dapat dilakukan oleh mata pelajaran lain dalam kurikulum sekolah.”
Pada tanggal 22 Mei 2013 kami melakukan observasi cara mengajar pelajaran sejarah di SMA 1 Bae Kabupaten Kudus yang merupakan sekolah unggulan. Pak Suparman merupakan salah satu guru sejarah dan juga merupakan wali kelas XII IPS, dalam melakukan proses mengajar dimulai ketika beliau mulai masuk kelas pertama-tama guru mengucapkan salam kepada murid “selamt pagi atau selamat siang” kemudian dilanjutkan dengan satu kelas serentak menyuarakan yel-yel dengan kompak, ketika guru berkata “ jas merah” kemudian peserta didik membalas dengan berkata“ sejarah” dan begitu sebaliknya. Peserta didik yang tadinya tidak memperhatikan, malas untuk belajar karena mengantuk menjadi semangat serta menarik perhatian peserta didik, adapun yang mengantuk menjadi terbangun karena terdengar suara yang ramai dan kompak oleh yel-yel tadi yang disuarakan atau karena menghayati yel-yel yang disuarakan menjadikan peserta menjadi semangat belajar.
Kemudian dilanjutkan dengan guru menanyakan kabar hari ini keadaan peserta didik adakah yang tidak masuk dilanjutkan dengan membahas isu-isu yang sedang hangat di TV maupun di masyarakat atau membahas tentang peristiwa yang bersankutan dengan materi pembelajaran sejarah, masuk pada pembelajaran sejarah dengan Standar Kompetensi: Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20. Serta Kompetensi Dasar: Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan dunia internasional setelah Perang Dunia II dan Perang Dingin. Kemudian guru menyuruh bagi yang mempunyai buku paket maupun LKS harap di buka halaman sekian kemudian guru menerangkan materi.  Karena waktunya yang hanya 45 menit sedangkan materi pembelajaran sejarah yang sangat banyak maka guru menggunakan metode ceramah karena metode ini dianggap sesuai serta mampu menyampaikan materi yang banyak dalam waktu yang pendek. Namun sudah dipastikan yang tadinya peserta didik semangat belajar oleh yel-yel yang dilakukan, karena mendengarkan ceramah secara panjang lebar banyak siswa yang mengantuk kembali, serta tidak memperhatikan bahkan ada juga yang berbicara dengan temannya. Kemudian cara guru untuk membangunkan peserta didik agar semangat kembali yang mengantu bahkan tidur kemudian yang tidak memperhatikan dan bicara sendiri dengan cara mendekati mengasih pertanyaan sehingga suasana dapat terkendali lagi. Setelah guru dirasa sudah cukup mengasih materi kepada peserta didik maka selanjutnya guru mengasih PR (Pekerjaan Rumah) untuk membaca serta mencari tahu tetang meteri yang belum disampaikan karena keterbatasan waktu serta banyaknya materi yang harus diselesaikan.
Selanjutnya kami melakukan observasi cara mengajar pembelajaran sejarah yang kedua dengan Bu Dwi salah satu guru sejarah, ketika masuk kelas Bu Dwi, pertama-tama masuk tidak melakukan yel-yel seperti pak suparman namun mengajak peserta didik untuk berdo’a menurut agamanya masing-masing kemudian Bu Dwi menyiapkan segala keperluan untuk proses belajar dengan menyalakan laptop dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh guru melalui laptop dengan LCD yang sudah disediakan di kelas. Menurut Sutarman (2009:64-68) fungsi TIK adalah:(1) Memudahkan dalam berkomunikasi guna mendapatkan informasi, karena orang dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu muka dan memperoleh informasi tanpa harus datang ditempat kejadian;(2) Mengembangkan kemampuan dan kesadaran masyarakat, khususnya kesadaran bahwa teknologi makin berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk kebaikan;(3) Menunjang dan meningkatkan kulitas pendidikan, baik informasi, pengetahuan, ketrampilan maupun rasa kemanusiaan yang dapat mendidik masyarakat;(4) Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik dalam pembelajaran pembelajaran, dan (5) Mendorong berdemokrasi dalm membuka peluang bisnis, mengingat media ini dapat dimanfaatkan untuk menawarkan produ dan memudahkan peminat produk untuk mendapatkan barang yang ditawarkan, kompetisi untuk memperoleh peluang tanpa melihat hubungan khusus sebelumnya.
Sanjaya (2006:146) bahwa: (1) Saat ini perkembanngan ilmu pengetahuan berkembang begitu cepat, sehingga apabila guru dan peserta didik hanya mengandalkan buku sebagai satu-satunya sumber pembelajaran bisa jadi materi yang dipelajarinya cepat usang, mengingat baisanya buku teks, masing jarang memanfaatkan sumber buku referensi sejarah hasil penelitian terbaru (2) kemajuan teknologi informasi memberi kemungkinan bahwa materi pembelajaran tidak hanya tersimpan dalam buku teks, tetapi tersimpan dalam bentuk teknologi yang lebih efektif dan efisien, misalnya dalm bentuk CD, kaset; (3) Tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menunutut siswa untuk tidak sekedar mnguasai informasi teoritis, tetapi berbagai informasi yang dapat dikembangkan sesuai dengan ligkungan dan tempat tinggal siswa.
Mulyasa (2005:50) bahwa (1) sumber pembelajaran merupakan pembuka jalan dan pengembangan wawasan terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Di sisi sumber pembelajaran merupakan peta dasar yang perlu dijajagi secra umum agar wawasan terhadap pembelajaran yang akan dikembangkan dapat diperoleh lebih awal; (2) sumber pembelajaran merupakan pemandu secara teknik dan langkah-langkah operasional untuk menelusuri secara lebih teliti menujupenguasaan keilmuan secara tuntas;(3) sumber pembelajaran memberikan macam ilustrasi dan contoh-contoh berkaitan aspek-aspek bidang ilmu yang dipelajari;(4) Sumber pembelajaran memberi petunjuk dan gambaran kaitan bidang ilmu yang dipelajari dengan bidang ilmu lain; (5) sumber pembelajaran menginformasikan sejumlah temuan baru yang pernah diperoleh orang lain yang berhubungan dengan keilmuan tertentu, dan (6) sumber pembelajaran menunjukkan berbagai permasalahan yang merupakan konsekuensi logis dalam suatu keilmuan yang menuntut adanya kemampuan pemecahan dari orang-orang yang mengabdikan diri dalam bidang tersebut.
Kemudian menerangkan materinya juga sama mengenai perkembangan Iptek, setelah materi dirasa cukup, dilanjutkan dengan tanya jawab membuat kelompok karena waktunya yang lebih panjang dari pembalajaran sejarah sebelumnya yaitu 2 X 45 Menit. Masing-masing kelompok menunjukkan contoh yang sesuai materi karena kemaren sudah dikasih tugas, ada yang menampilkan berupa gambar, video ada juga film. Stelah itu masing-masing kelompok bertanya namun berhubung waktunya sedikit pertanyaan tadi dicatat oleh semua kelompok kemudian pertemuan yang akan datang kelompok yang dikasih pertanyaan tadi bertanggung jawab menjawab pertanyaan yang diajukan namun kelompok lain jika mempunyai jawaban yang lebih bagus boleh menjawab pertanyaan kelompok lain. Ketika dalam pembelajaran sejarah berlansung ada yang tidak memperhatikan, mengantuk atau bicara sendiri cara Bu Dwi untuk mengatasinya dengan mendekatinya saja mereka terus pada takut dan kembali sesuai temen-temennya kembali. Setela dirasa cukup maka pembelajaran ditutup dengankesimpulan yang disampaikan oleh Bu Dwi sendiri.
Siklus Refleksi
Deskripsi
Perencanaan tindak lanjut Evaluasi
Deskripsi (apa yang terjadi, dialami, dilihat, dilakukan)
Evaluasi ( apa yang baik/tidak baik, bermanfaat/tidak dari peristiwa)
Perencanaan tindak lanjut (apa yang seharusnya dilakukan/sebaiknya dilakukan)
Deskripsi
Dalam pembelajaran sejarah di sekolah SMA 1 Bae Kudus guru menggunakan “Yel-yel” untuk membangkitkan semangat para peserta didik yang tidak semangat karena berbagai alasan serta membuat kesan semangat karena mata pelajaran sejarh salah satu aspek penting dalam pembelajaran sejarah adalah penanaman nilai.nilai tersebut bisa bersifat politis, suatu nilai yang membantu perpolitikan dalam negeri (Kochar,2008:61). Kemudian dilanjutkan dengan model pembelajaran kelompok yang awalnya dimulai dari guru yang menjelaskan materi erta peserta didik dilanjutkan dengan tanya jawab.



Evaluasi
Dengan waktu yang terbatas guru bijak dalam menaggapi kndisi demikian sehingga waktu yang diperlukan untuk menghabiskan materi sejarah yan begitu banyak tidak menjadi masalah
Perencanaan Tindak Lanjut
Cara yang dilakukan di SMA 1 Bae Kudus sudah cukup bagus dengan menggunakan “Yel-yel” maupun dengan belajar kelompok namun perlu di tambah










Daftar Pustaka
Collingwood,R.G. 1990. The Idea of History. London: Oxford University Press
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah.Yogyakarta: Bentang Budaya
Kochar, S.K.2008. Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta: Gramedia
Mulyasa.2005. kurikulum berbasis kompetensi. Bandung : PT Remaja Remaja
Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses
Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media.
Subagyo.2010. Membangun Kesadaran Sejarah. Semarang : FIS UNNES
Sutarman.2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Sinar Grafika Offset.
Wasino.2007. Dari Riset hingga Tulisan Sejarah. Semarang: Unnes Press

Wineburg, Sam.2006. Berpikir Historis: Memetakan Masa Depan Mengajarkan Masa Lalu.
Penerjemah Masri Maris. Jakarta : Yayasa Obor Indonesia