Friday, February 09, 2018

Download film sejarah pada zaman pra aksara (film 10.000 BC)

download film pra aksaraFilm 10.000 BC ini mungkin kurang tepat bila 10.000 BC di kategorikan sebagai film sejarah. 10.000 BC saya masukan ke sini karena dalam film ini setidaknya kita bisa melihat bagaimana kehidupan zaman pra aksara. Kehidupan dari manusia purba yg masih bergantung pada alam dapat dilihat di dalam film 10.000 BC.

10.000 BC menurut saya dapat menjadi pembelajaran sejarah pada materi manusia pra aksara, sehingga bapak - ibu guru bisa lebih mudah membuat anak didiknya mengerti tentang kehidupan pada masa pra aksara.

untuk lebih mengenal tentang masa pra aksara bisa buka pada link dibawah ini
Ciri - ciri manusia purba di indonesia
- Hasil Kebudayaan zaman batu dan zaman logam
- Pengertian zaman pra aksara
- Pembagian zaman menurut geologi
- Manusia purba di Dunia

Film ini bercerita tentang epik prasejarah tentang perjalanan pemuda pemburu mammouth melewati wilayah yang belum dipetakan demi menyelamatkan sukunya dari para penculik. Dan ia harus melawan monster di sepanjang jalan. untuk mendonwload filmnya bisa klik link donwload dibawah ini

DOWNLOAD FILM 10.000 BC

Cara mendownload
1. kLIK dOWNLOAD lalu akan muncul halaman ad.fly
2. tunggu 5 detik sampai muncul tulisan Skip ad di pjok kanan atas
3. lalu Klik Skip ad setelah itu muncul halaman solidfiles
4. dan Klik Download

Thursday, February 08, 2018

Istilah dalam Jaringan Komputer

1.AVI (Audio Video Interleave)
Merupakan format audio dan video yang digunakan oleh Windows, 
yang merupakan format umum untuk film dan video yang singkat. Sebuah klik film berdurasi 20 detik dalam format .avi bisa berukuran sebesar 3MB

2.Mailing List (Milis)
Suatu tempat diskusi melalui e-mail antara beberapa peserta online.

3.MAN 
Sistem jaringan komputer yang  digunakan untuk menggabungkan komputer antar gedung dalam satu kota

4.LAN
Sistem jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu gedung.

5.Modem (Modulate/Demodulate)
Suatu alat bantu bagi komputer untuk berkomunikasi satu sama lain 
melalui jaringan telepon. 

6.Morphing 
Dikenal orang sebagai penggabungan bentuk atau gambar-gambar yang disempurnakan

7.Adapter
Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.
 8.Batch
Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan. 

9. Benchmark
Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.


10.Cache memory
Tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

11. Capture
Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

12. Chip
Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.

13. Computer Graphics Interface/ CGI
Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

14.Crash
Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

15. Cray
Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 MHz.

16. Data compression
Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien

17. Desktop Publishing
Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.

18. Dial Access
Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa .

19.Download:proses pengunduhan suatu file dari internet.

20.upload:proses pengunggahan suatu file dari komputer ke dunia maya.

21. DOS
Sinngkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputer beroperasi

22. Expansion Bus
Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.
23.Ethernet
Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.

24. Feature
Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.

25. Firewall
Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

26. GIF/ Graphics Interchange Format
Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded  ke online services.

27. Grapical User Interface / GUI
Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.

28. Groupware
Tipe software/ peringkat tinggi yang mendukung penggunaan objek pada waktu yang bersamaan (seperti dokumen, kalender, dan spreadsheet) oleh banyak pengguna jaringan.

29. Home PC
merupakan jenis komputer pribadi yang dirancang untuk dipakai di rumah dan harganya sesuai dengan barang rumah tangga termasuk dengan fasiliti hiburannya.

30.ZIP
Nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP.

31. Host
Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.

32. Hypermedia
Integrasi grafik, suara dan video, atau sebarang kombinasi menjadi penyimpanan dan pemanggilan sistem inforamsi asosiasi yang primer.

33. Impact Printer
Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

34. Ink-jet Printer
Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.

35. Intel
Salah satu perusahaan pembuat mikroprosesor yang mempopularkan Pentium yang terkenal di dunia.

36. IDE/ Integrated Devide Elektronic
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.

37. ISO/ International Piawaiands Organization
Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional.

38. Intranet
Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi.

39.Imaging
 jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan.

40. Jack
Konektor yang dirancang khusus untuk menerima stopkontak. Biasanya jack dihubungkan ke rangkaian untuk membuat hubungan audio-video.


41. Log-on atau Log-in
Proses awal 'menggunakan' suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

42. Multiuser system
Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.

43. Offline
Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

44. Online
Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

45. Postcript Page Description Language
Bahasa pemrograman yang khusus untuk mendefinisikan tampilan dokumen, biasanya menyediakan kapabilitas huruf yang fleksibel dan grafik dengan kualitas tinggi.

46. Plotter
Alat untuk menggambar grafik, diagram dan grafik garis lainnya yang menggunakan pena atau muatan elektrostatik dan toner.

47. Pentium
Sebutan untuk prosesor Intel 80586 disebut juga P5. Prosesor Pentium berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 3.1 juta buah transistor.

48.Prosesor
Alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

49.Pixel
Suatu titik kisi-kisi yang terdiri dari ribuan titik satu per satu untuk membentuk suatu gambar pada layar oleh komputer atau pada kertas printer.

50.Port
Tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.

10 Pendiri Peusahaan Laptop di dunia

1. Michael Dell, pendiri Dell

Dell Inc. tampaknya lebih memfokuskan pada usaha-usaha untuk mengurangi biaya ketimbang mengeluarkan inovasi baru. Hal ini sejalan dengan sejarah perusahaan dalam memasarkan unit-unit dengan biaya yang seminimal mungkin melalui penjualan langsung ke konsumen. Dalam interview dengan Business Week, Tuan Dell mengatakan, "Perusahaan ini tahu bagaimana caranya melakukan sesuatu yang pernah dilakukan sebelumnya dengan baik."

2. Stan Shih, pendiri Acer

Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Grup pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100 negara. Pendapatannya pada 2002 adalah US$12,9 miliar. Kantor pusatnya terletak di Kota Sijhih, Taipei County, Taiwan. Pasaran Acer di Amerika Utara telah merosot dalam beberapa tahun terakhir sementara pasar Eropanya terus meningkat. Kesuksesannya di Eropa sebagian karena pensponsoran dari Tim Formula 1 Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

3. Ichisuke Fujioka dan Hisashige Tanaka, pendiri Toshiba

Toshiba adalah perusahaan yang memproduksi elektronik teknologi tinggi yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Toshiba adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Toshiba saat ini kebanyakan buatan RRC. Semikonduktor buatan Toshiba termasuk ke dalam jajaran 20 Semikonduktor dengan Penjualan Terbesar. Tahun 2009, Toshiba merupakan perusahaan komputer terbesar kelima di dunia, di bawah Hewlett-Packard dari AS, Dell dari AS, Acer dari Taiwan, dan Lenovo dari China.

4. Jonney Shih dan Jerry Shen, pendiri Asus

Asustek Computer, Inc. atau sering disebut ASUS, adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, Telepon genggam, monitor LCD, dan produk komputer lainnya. Pesaing utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte.

5. Bill Hewlett dan Dave Packard, pendiri HP

Ketika hendak menamakan perusahaannya, Bill Hewlett dan Dave Packard melakukan lempar koin untuk menentukan nama yang akan digunakan, apakah Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett. Setelah melihat namanya sekarang adalah Hewlett-Packard, padahal yang menang dalam lempar koin tersebut bukan Bill Hewlett, tetapi Dave Packard.

6. Rod Canion, pendiri Compaq

Compaq Computer Corporation dulunya merupakan perusahaan komputer pribadi Amerika Serikat yang didirikan tahun 1982, dan sekarang merupakan salah satu merek dari perusahaan Hewlett-Packard. Perusahaan ini didirikan oleh Rod Canion, Jim Harris dan Bill Murto, mantan manajer senior Texas Instruments. Nama "COMPAQ" merupakan singkatan dari "Compatibility and Quality" (kompatibilitas dan mutu), dan pada waktu pendirian, Compaq memproduksi sejumlah komputer kompatibel IBM PC. Pernah menjadi pemasok sistem komputer pribadi terbesar di dunia, Compaq menjadi perusahaan independen hingga tahun 2002, dimana bergabung dengan Hewlett-Packard.

7. Liu Chuanzhi, pendiri Lenovo

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.

8. Akio Morita, pendiri Sony

Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940-an. Seiring dengan berkembangnya Sony sebagai perusahaan internasional yang besar, ia membeli perusahaan lain yang mempunyai sejarah yang lebih lama termasuk Columbia Records (perusahaan rekaman tertua yang masih ada, didirikan pada tahun 1888). Nama "Sony" dipilih sebagai gabungan kata Latin sonus, yang merupakan akar dari sonik dan bunyi, dan kata Inggris sonny ("anak kecil") yang setelah dikombinasikan berarti sekelompok kecil anak muda yang memiliki energi dan kemauan keras terhadap kreasi dan inovasi ide yang tak terbataskan. Pada saat itu, sangatlah aneh bagi sebuah perusahaan Jepang untuk menggunakan huruf Roman untuk mengeja namanya, apalagi penggunaan aksara fonetis yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang (daripada menggunakan aksara Tionghoa). Dan pada 1958, perusahaan mulai secara formal mengadopsi nama "Sony Corporation" sebagai nama perusahaan. Mudah digunakan dan mudah dieja dalam segala bahasa dunia. Nama Sony menggaungkan semangat kebebasan dan keterbukaan dalam inovasi.

9. Steve Jobs, pendiri apple

Apple, Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online.

10. David Kartono, pendiri Axioo

Indonesia patut berbangga karena Axioo, salah satu komputer merek lokal berhasil menembus jajaran produk dunia dan menjadi salah satu produk yang mengadopsi prosesor Intel Core generasi kedua. Axioo Neon HNM menjadi notebook 14 inci pertama di dunia yang sudah menggunakan teknologi prosesor yang sebelumnya disebut Sandy Bridge itu.

Pengertian Antropologi Menurut Pendapat Sendiri

Pendapat ,saya antropologi menjadi sangat penting di zaman sekarang. Walaupun antropologi masih tergolong ilmu baru, antropologi bisa mengambil peran di dalam kehidupan. Dulu antropologi hanya mengkaji atau mempelajari orang primitif. Tetapi sekarang lain lagi, antropologi tidak hanya mempelajari orang-orang primitif saja. Sekarang ini antropologi digunakan untuk mempelajari kehidupan masyarakat desa , masyarakat kota, orang-orang gelandangan atau pengemispun bisa dipelajari.Bahkan antropologi bisa saja mempelajari kehidupan dan pola hidup orang Eropa sendiri.

            Memang, manusia dan budaya-budayanya menjadi obyek bagi antropologi.Dan bagi orang Eropa, itu adalah orang-orang primitif yang di pelajari. Kalau sekarang ilmu antropologi juga digunakan untuk mengkaji  kehidupan orang-orang kaya,orang-orang kota, dan masih banyak lagi.

            Mungkin di dalam kehidupan ilmu antropologi masih dipandang sebelah mata, masih  dianggap asing dan tidak perlu untuk dipelajari. Padahal antropologi sangat penting untuk dipelajari di zaman sekarang ini. Orang-orang sekarangpun tidak semuanya tahu apa itu antropologi.

            Antropologi memang ilmu yang baru bagi orang-orang awam. Dan tidak hanya ilmunya,kata-kata antropologipun menjadi sebuah kata baru yang baru mereka dengar. Semua itu dikarenakan antropologi belum diajarkan disemua tingkat pendidikan. Di Indonesia seharusnya antropologi digunakan untuk mengatur kehidupan bangsa. Yang dimana antropologi ini bisa memajukan Indonesia. Karena jika semua rakyat Indonesia mempelajari antropologi, pasti negara ini akan damai. Tidak akan ada perang antar suku, perang antar agama, perang dengan negara lain, demo-demopun pasti tidak ada, tawuran antar pelajar juga tidak ada, dan masih banyak lagi.Bahkan terorisme juga tidak ada. Dan semua itu dikarenakan tidak semua penduduk Indonesia mempelajari imu antropologi dan kurangnya rasa toleransi. Andaikan antropologi sudah dipelajari oleh semua orang Indonesia sejak dulu, pasti Indonesia menjadi negara maju yang mampu bersaing dengan negara-negara Eropa.

            Ilmu antropologi ini tidak hanya penting di dalam kehidupan. Di dalam permainan sepak bolapun antropologi sangat penting untuk dipelajari. Supaya diantara pemain tidak ada saling menghina agama, ras, suku, dll. Seperti kasus yang dialami pemain sepak bola Perancis Zinedine Zidane.Dalam piala dunia 2006 Zidane menjatuhkan Materrazi pemain Italia karena Zidanemerasa agamanya dihina. Lalu Zidane menjatuhkannya dengan tandukan kepalanya. Sedangkan contoh lainnya yaitu kasus rasisme yng dialami pemain Chelsea dan Liferpool. Yaitu John Terry dan Luis Suerez . Di sebuah pertandingan Suarez menghina Evra pemain Manchester United yang berkulit hitam. Dan John Terrypun juga kasus yang sama,Terry menghina adik Rio Ferdinand yang berkulit hitam yaitu Anton Ferdinand yang bermain untuk Queens Park Ranger dengan kata-kata rasisme. Akibatnya John Terry dihukum tidak boleh membela timnya sebanyak 4 kali pertandingan.


            Kesimpulannya, antropologi menjadi ilmu yang penting dipelajari di berbagai aspek kehidupan dan semua kalangan.

Sunday, February 04, 2018

Download RPP sejarah PROTA, PROMEST, Soal dan kunci jawaban SEJARAH INDONESIA dan SEJARAH PEMINATAN KURIKULUM TERBARU

MAKALAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH

Sejarah memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia pada masa sekarang. Subagyo (2010:52) dan Wasino (2007:14) menyebutkan bahwa paling tidak ada beberapa guna sejarah bagi manusia yang mempelajarinya, yakni (1) edukatif (untuk pendidikan), (2) instruktif (memberikan insruksi/ perintah), (3) inspiratif (memberikan ilham), serta (4) rekreatif (memberikan kesenangan).
Sejarah memiliki fungsi edukatif (untuk pendidikan) karena dengan memahami sejarah berarti telah diambil satu manfaat atau hikmah dari terjadinya sutu peristiwa sejarah. Kaitannya antara sejarah dengan pendidikan, ada sebuah kalimat bijak tentang peranan sejarah bagi manusia yang berbunyi historia vitae magistra yang bermakna “ sejarah adalah guru kehidupan”. Makna sejarah sebagai guru kehidupan ini sangat dalam, karena memerlukan pemikiran mengapa sampai sejarah itu digunakan sebagai guru kehidupan. Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa sejarah memiliki fungsi pendidikan, yang mengajarkan bagaimana manusia seharusnya bertindak dengan melihat peristiwa yang telah terjadi untuk kemudian diambil hikmahnya. Kuntowijoyo (1995:24) menerangkan bahwa ada beberapa fungsi sejarah kaitannya dengan sarana pendidikan, yaitu sebagai pendidikan moral, penalaran, politik, kebijakan, perubahan, masa depan, dan keindahan. Collingwood (1990:254) “ bahwa mengenal diri sendiri berarti mengenal apa yang kita mampu lakukan, dan seorangpun mengetahui apa yang bisa dia perbuat sampai dia mencobanya, maka satu-satunya kunci untuk mengetahui apa yang bisa diperbuat seseorang adalah apa yang telah dia perbuat, maksudnya adalah dari sejarah masa lampaunya”. Wineburg (2006:8) bahwa “sejarah memiliki potensi untuk menjadikan kita manusia yang berperikemanusiaan, hal yang tidak dapat dilakukan oleh mata pelajaran lain dalam kurikulum sekolah.”
Pada tanggal 22 Mei 2013 kami melakukan observasi cara mengajar pelajaran sejarah di SMA 1 Bae Kabupaten Kudus yang merupakan sekolah unggulan. Pak Suparman merupakan salah satu guru sejarah dan juga merupakan wali kelas XII IPS, dalam melakukan proses mengajar dimulai ketika beliau mulai masuk kelas pertama-tama guru mengucapkan salam kepada murid “selamt pagi atau selamat siang” kemudian dilanjutkan dengan satu kelas serentak menyuarakan yel-yel dengan kompak, ketika guru berkata “ jas merah” kemudian peserta didik membalas dengan berkata“ sejarah” dan begitu sebaliknya. Peserta didik yang tadinya tidak memperhatikan, malas untuk belajar karena mengantuk menjadi semangat serta menarik perhatian peserta didik, adapun yang mengantuk menjadi terbangun karena terdengar suara yang ramai dan kompak oleh yel-yel tadi yang disuarakan atau karena menghayati yel-yel yang disuarakan menjadikan peserta menjadi semangat belajar.
Kemudian dilanjutkan dengan guru menanyakan kabar hari ini keadaan peserta didik adakah yang tidak masuk dilanjutkan dengan membahas isu-isu yang sedang hangat di TV maupun di masyarakat atau membahas tentang peristiwa yang bersankutan dengan materi pembelajaran sejarah, masuk pada pembelajaran sejarah dengan Standar Kompetensi: Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20. Serta Kompetensi Dasar: Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan dunia internasional setelah Perang Dunia II dan Perang Dingin. Kemudian guru menyuruh bagi yang mempunyai buku paket maupun LKS harap di buka halaman sekian kemudian guru menerangkan materi.  Karena waktunya yang hanya 45 menit sedangkan materi pembelajaran sejarah yang sangat banyak maka guru menggunakan metode ceramah karena metode ini dianggap sesuai serta mampu menyampaikan materi yang banyak dalam waktu yang pendek. Namun sudah dipastikan yang tadinya peserta didik semangat belajar oleh yel-yel yang dilakukan, karena mendengarkan ceramah secara panjang lebar banyak siswa yang mengantuk kembali, serta tidak memperhatikan bahkan ada juga yang berbicara dengan temannya. Kemudian cara guru untuk membangunkan peserta didik agar semangat kembali yang mengantu bahkan tidur kemudian yang tidak memperhatikan dan bicara sendiri dengan cara mendekati mengasih pertanyaan sehingga suasana dapat terkendali lagi. Setelah guru dirasa sudah cukup mengasih materi kepada peserta didik maka selanjutnya guru mengasih PR (Pekerjaan Rumah) untuk membaca serta mencari tahu tetang meteri yang belum disampaikan karena keterbatasan waktu serta banyaknya materi yang harus diselesaikan.
Selanjutnya kami melakukan observasi cara mengajar pembelajaran sejarah yang kedua dengan Bu Dwi salah satu guru sejarah, ketika masuk kelas Bu Dwi, pertama-tama masuk tidak melakukan yel-yel seperti pak suparman namun mengajak peserta didik untuk berdo’a menurut agamanya masing-masing kemudian Bu Dwi menyiapkan segala keperluan untuk proses belajar dengan menyalakan laptop dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh guru melalui laptop dengan LCD yang sudah disediakan di kelas. Menurut Sutarman (2009:64-68) fungsi TIK adalah:(1) Memudahkan dalam berkomunikasi guna mendapatkan informasi, karena orang dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu muka dan memperoleh informasi tanpa harus datang ditempat kejadian;(2) Mengembangkan kemampuan dan kesadaran masyarakat, khususnya kesadaran bahwa teknologi makin berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk kebaikan;(3) Menunjang dan meningkatkan kulitas pendidikan, baik informasi, pengetahuan, ketrampilan maupun rasa kemanusiaan yang dapat mendidik masyarakat;(4) Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan publik dalam pembelajaran pembelajaran, dan (5) Mendorong berdemokrasi dalm membuka peluang bisnis, mengingat media ini dapat dimanfaatkan untuk menawarkan produ dan memudahkan peminat produk untuk mendapatkan barang yang ditawarkan, kompetisi untuk memperoleh peluang tanpa melihat hubungan khusus sebelumnya.
Sanjaya (2006:146) bahwa: (1) Saat ini perkembanngan ilmu pengetahuan berkembang begitu cepat, sehingga apabila guru dan peserta didik hanya mengandalkan buku sebagai satu-satunya sumber pembelajaran bisa jadi materi yang dipelajarinya cepat usang, mengingat baisanya buku teks, masing jarang memanfaatkan sumber buku referensi sejarah hasil penelitian terbaru (2) kemajuan teknologi informasi memberi kemungkinan bahwa materi pembelajaran tidak hanya tersimpan dalam buku teks, tetapi tersimpan dalam bentuk teknologi yang lebih efektif dan efisien, misalnya dalm bentuk CD, kaset; (3) Tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menunutut siswa untuk tidak sekedar mnguasai informasi teoritis, tetapi berbagai informasi yang dapat dikembangkan sesuai dengan ligkungan dan tempat tinggal siswa.
Mulyasa (2005:50) bahwa (1) sumber pembelajaran merupakan pembuka jalan dan pengembangan wawasan terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Di sisi sumber pembelajaran merupakan peta dasar yang perlu dijajagi secra umum agar wawasan terhadap pembelajaran yang akan dikembangkan dapat diperoleh lebih awal; (2) sumber pembelajaran merupakan pemandu secara teknik dan langkah-langkah operasional untuk menelusuri secara lebih teliti menujupenguasaan keilmuan secara tuntas;(3) sumber pembelajaran memberikan macam ilustrasi dan contoh-contoh berkaitan aspek-aspek bidang ilmu yang dipelajari;(4) Sumber pembelajaran memberi petunjuk dan gambaran kaitan bidang ilmu yang dipelajari dengan bidang ilmu lain; (5) sumber pembelajaran menginformasikan sejumlah temuan baru yang pernah diperoleh orang lain yang berhubungan dengan keilmuan tertentu, dan (6) sumber pembelajaran menunjukkan berbagai permasalahan yang merupakan konsekuensi logis dalam suatu keilmuan yang menuntut adanya kemampuan pemecahan dari orang-orang yang mengabdikan diri dalam bidang tersebut.
Kemudian menerangkan materinya juga sama mengenai perkembangan Iptek, setelah materi dirasa cukup, dilanjutkan dengan tanya jawab membuat kelompok karena waktunya yang lebih panjang dari pembalajaran sejarah sebelumnya yaitu 2 X 45 Menit. Masing-masing kelompok menunjukkan contoh yang sesuai materi karena kemaren sudah dikasih tugas, ada yang menampilkan berupa gambar, video ada juga film. Stelah itu masing-masing kelompok bertanya namun berhubung waktunya sedikit pertanyaan tadi dicatat oleh semua kelompok kemudian pertemuan yang akan datang kelompok yang dikasih pertanyaan tadi bertanggung jawab menjawab pertanyaan yang diajukan namun kelompok lain jika mempunyai jawaban yang lebih bagus boleh menjawab pertanyaan kelompok lain. Ketika dalam pembelajaran sejarah berlansung ada yang tidak memperhatikan, mengantuk atau bicara sendiri cara Bu Dwi untuk mengatasinya dengan mendekatinya saja mereka terus pada takut dan kembali sesuai temen-temennya kembali. Setela dirasa cukup maka pembelajaran ditutup dengankesimpulan yang disampaikan oleh Bu Dwi sendiri.
Siklus Refleksi
Deskripsi
Perencanaan tindak lanjut Evaluasi
Deskripsi (apa yang terjadi, dialami, dilihat, dilakukan)
Evaluasi ( apa yang baik/tidak baik, bermanfaat/tidak dari peristiwa)
Perencanaan tindak lanjut (apa yang seharusnya dilakukan/sebaiknya dilakukan)
Deskripsi
Dalam pembelajaran sejarah di sekolah SMA 1 Bae Kudus guru menggunakan “Yel-yel” untuk membangkitkan semangat para peserta didik yang tidak semangat karena berbagai alasan serta membuat kesan semangat karena mata pelajaran sejarh salah satu aspek penting dalam pembelajaran sejarah adalah penanaman nilai.nilai tersebut bisa bersifat politis, suatu nilai yang membantu perpolitikan dalam negeri (Kochar,2008:61). Kemudian dilanjutkan dengan model pembelajaran kelompok yang awalnya dimulai dari guru yang menjelaskan materi erta peserta didik dilanjutkan dengan tanya jawab.



Evaluasi
Dengan waktu yang terbatas guru bijak dalam menaggapi kndisi demikian sehingga waktu yang diperlukan untuk menghabiskan materi sejarah yan begitu banyak tidak menjadi masalah
Perencanaan Tindak Lanjut
Cara yang dilakukan di SMA 1 Bae Kudus sudah cukup bagus dengan menggunakan “Yel-yel” maupun dengan belajar kelompok namun perlu di tambah










Daftar Pustaka
Collingwood,R.G. 1990. The Idea of History. London: Oxford University Press
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah.Yogyakarta: Bentang Budaya
Kochar, S.K.2008. Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta: Gramedia
Mulyasa.2005. kurikulum berbasis kompetensi. Bandung : PT Remaja Remaja
Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses
Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media.
Subagyo.2010. Membangun Kesadaran Sejarah. Semarang : FIS UNNES
Sutarman.2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Sinar Grafika Offset.
Wasino.2007. Dari Riset hingga Tulisan Sejarah. Semarang: Unnes Press

Wineburg, Sam.2006. Berpikir Historis: Memetakan Masa Depan Mengajarkan Masa Lalu.
Penerjemah Masri Maris. Jakarta : Yayasa Obor Indonesia

Saturday, February 03, 2018

RESENSI BUKU : PERISTIWA RENGASDENGKLOK

           
       JUDUL BUKU            : PERISTIWA RENGASDENGKLOK
PENERBIT                 : PT. Kompas Media Nusantara
PENULIS                    : Hersuganda
HALAMAN                 : 242 Halaman


       SINOPSIS
Peristiwa Rengasdengklok terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kejadian tersebut berlangsung tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945. Golongan muda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke rengasdengklok dengan tujuan untuk mengamankan keduanya dari intervensi pihak luar. Daaerah Rengasdengklok dipilih karena menurut perhitungan militer, tempat tersebut jauh dari jalan raya Jakarta-Cirebon. Di samping itu, mereka dengan mudah dapat mengawasi tentara Jepang yang hendak datang ke Rengasdengklok dari arah Bandung maupun Jakarta.
Kronologi Peristiwa Rengasdengklok
Soekarno-Hatta berada di Rengasdengklok selama satu hari penuh. Usaha dan rencana para pemuda untuk menekan kedua pemimpin bangsa Indonesia itu agar cepat-cepat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan tentara Jepang tidak dapat dilaksanakan. Dalam peristiwa Rengasdengklok tersebut tampaknya kedua pemimpin itu mempunyai wibawa yang besar sehingga para pemuda merasa segan untuk mendekatinya, apalagi melakukan penekanan. Namun, melalui pembicaraan antara Shodanco Singgih dengan Soekarno, menyatakan bahwa Soekarno bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia setelah kembali ke Jakarta. Berdasarkan pernyataan Soekarno itu, pada tengah hari Shodanco Singgih kembali ke Jakarta untuk menyampaikan berita proklamasi kemerdekaan yang akan disampaikan oleh Soekarno kepada kawan-kawannya dan para pemimpin pemuda. Sementara itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara Achmad Subardjo (mewakili golongan tua) dengan Wikana (mewakili golongan muda). Dari perundingan itu tercapai kata sepakat, bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan di Jakarta. Di samping itu, Laksamana Tadashi Maeda mengizinkan rumah kediamannya dijadikan sebagai tempat perundingan dan bahkan ia bersedia menjamin keselamatan para pemimpin bangsa Indonesia itu.

Akhir Peristiwa Rengasdengklok
Berdasarkan kesepakatan antara golongan pemuda dengan Laksamana Tadashi Maeda itu, Jusuf Kunto bersedia mengantarkan Achmad Subardjo dan sekretaris pribadinya pergi menjemput Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Sebelum berangkat ke Rengasdengidok, Achmad Subardjo memberikan jaminan dengan taruhan nyawanya bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945, selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB. Dengan jaminan itu, komandan kompi Peta Cudanco Subeno bersedia melepas Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta rombongan untuk kembali ke Jakarta. Rombongan tersebut tiba di Jakarta pada pukul 17.30 WIB. Itulah sejarah singkat peristiwa Rengasdengklok yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan

KELEBIHAN BUKU :

(1) Pengumpulan data dalam sejarah lisan dilakukan dengan komunikasi dua arah sehingga memungkinkan sejarawan dapat menanyakan langsung bagian yang kurang jelas kepada narasumber.
(2) Penulisan sejarah menjadi lebih demokratis karena memungkinkan sejarawan untuk menggali informasi dari semua golongan masyarakat.
(3) Melengkapi kekurangan data atau informasi yang belum termuat dalam dokumen. Penelitian sejarah lisan yang dipadukan dengan sumber tertulis dianggap dapat melengkapi kekurangan sumber-sumber sejarah selama ini.

KELEMAHAN BUKU :


(1) Terbatasnya daya ingat seorang pelaku atau saksi sejarah terhadap suatu peristiwa.
(2) Subjektivitas dalam penulisan sejarah sangat tinggi. Dalam hal ini perasaan keakuan dari seorang saksi dari seorang pelaku sejarah yang cenderung memperbesar peranannya dan menutupi kekurangannya sering muncul dalam proses wawancara. Selain itu, subjektivitas juga terjadi karena sudut pandang dari masing-masing pelaku dan saksi sejarah terhadap suatu peristiwa sering kali berbeda.

Baca Juga Kumpulan Resensi Bertema Sejarah Disini