Monday, February 12, 2018

Kolonialisme, Imperialisme dan Nasionalisme di Asia Tenggara

Pengantar 
Para penjajah utama Asia Tenggara Eropa, Jepang dan All AS di semua, ada tujuh kekuasaan kolonial di Asia Tenggara: Portugal, Spanyol, Belanda, Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan Jepang. Dari tahun 1500 ke pertengahan 1940-an, kolonialisme dikenakan atas Asia Tenggara. 
Selama ratusan tahun, kerajaan Asia Tenggara telah terlibat dalam hubungan perdagangan internasional dengan para pedagang dari Asia Timur (Cina), Asia Selatan (India), dan Asia Barat (yang "Timur Tengah"). Pendatang Asia juga membawa agama, adat, tradisi, dan praktek-praktek pengadilan untuk wilayah tersebut. Oleh karena itu, hubungan mereka adalah ekonomi dan budaya pada saat yang sama. Selain itu, penguasa lokal Asia Tenggara digunakan dan indigenized praktik lembaga kerajaan dari Asia Selatan (rajadharma) dan Asia Barat (kesultanan). 
Eropa wisatawan tidak hanya memiliki hubungan ekonomi dengan Asia Tenggara, tetapi juga dikenakan politik-dan dalam beberapa kasus, budaya-dominasi atas mereka bangsa Asia Tenggara dan wilayah. Oleh karena itu, kolonialisme Eropa ditutupi sepotong besar sejarah Asia Tenggara. 
Selain dari kolonial Eropa, Jepang dan kolonial AS menguasai sebagian besar Asia Tenggara. Agresi Jepang berlangsung selama "Perang Pasifik" Perang Dunia II. Jepang menduduki sebagian besar Asia, termasuk Asia Tenggara. AS menjajah Filipina pada masa setelah Perang Spanyol-Amerika tahun 1898. 
Asia Tenggara respon terhadap kolonialisme adalah baik kerjasama dan nasionalisme dalam segala bentuknya. 





Latar Belakang Sejarah 
Masyarakat adat berlatih animisme telah tinggal di Asia Tenggara sejak zaman sejarah. Kemudian, orang-orang dari China pindah ke selatan untuk mencapai Asia Tenggara. Pada awal 300 SM, usia dari perunggu dan besi telah berlalu dari Cina ke ASIA TENGGARA. Orang Cina di bawah Dinasti Sung dengan abad 12 telah menjadi lebih dan lebih terlibat dalam perdagangan internasional, termasuk dengan ASIA TENGGARA . Oleh karena itu, ada pendatang Cina dan India yang telah mencapai dan tinggal di ASIA TENGGARA untuk waktu yang lama sekarang. Peradaban Cina dan India telah sangat berdampak pada masyarakat ASIA TENGGARA. Banyak bagian ASIA TENGGARA telah indianized dari 500BC sampai 1000 AD 
Asia Selatan dan Barat Daya digunakan rute angin monsun musiman pembalikan dari Arab dan India untuk perjalanan ke Asia Tenggara. Asia Tenggara adalah rumah bagi beberapa peradaban kuno, termasuk Angkor dan Sri Vijaya kerajaan. Pada sekitar 1300, ada dua kerajaan utama: Sukhotai di Asia Tenggara. Daratan dan kerajaan Majapahit di pulau ASIA TENGGARA. Selama tanggal 12 ke abad ke-14, ada perdagangan rempah-rempah yang aktif di kawasan ini (Fodor 67-8). 
Oleh karena itu, Asia Tenggara terkena berbeda, budaya peradaban dan agama selama ribuan tahun sekarang: animisme, Buddhisme, Taoisme, Konfusianisme, Hindu dan Islam. Budaya, perdagangan, agama, dan monarki memainkan peran dalam pembentukan negara negara ASIA TENGGARAsian. 














Kolonialisme 
Kolonialisme adalah kekuasaan politik asing atau asing atau kontrol dikenakan pada orang. Kolonialisme dapat mengambil banyak bentuk: bisa politik, hukum, ekonomi, budaya dan sosial. Sebuah kebijakan politik, ekonomi dan budaya dan praktek dimana beberapa negara-negara asing dieksplorasi, menaklukkan, menetap, dieksploitasi, dipelihara dan diperpanjang kontrol mereka di daerah yang luas tanah asing dan orang-orangnya yang berhenti untuk mengontrol wilayah mereka sendiri, sumber daya dan tujuan nasional. 
Usia kolonialisme dimulai sekitar 1500, setelah penemuan Eropa rute laut sekitar pantai selatan Afrika (1488) dan Amerika (1492). 
WARISAN DARI Kolonialisme 
Eropa, Amerika, dan kekuatan Asia dijajah ASIA TENGGARA. Para penjajah Eropa utama dalam ASIA TENGGARA termasuk Portugal, Spanyol, Belanda, Inggris, dan Perancis. Kekuatan Amerika adalah Eropa Amerika memperkenalkan Protestan dan Katolik Roma untuk ASIA TENGGARA. Selama Perang Dunia II, Jepang merupakan satu-satunya negara besar di Asia yang dijajah ASIA TENGGARA. 

MOTIF 
Ada tiga motif untuk kolonialisme: politik, ekonomi, dan budaya. Alasan untuk kolonialisme banyak ragamnya: untuk memperluas wilayah, untuk mencari keuntungan merkantilis, untuk mengimpor bahan baku murah, dan untuk mengekstrak logam mulia. Ekonomi booming butuh pasokan bahan baku terjamin, pasar baru terjamin dan tempat-tempat baru di mana untuk berinvestasi. 
1. Politik penaikan 
a. Membesarkan Power Politik 
b. Nasionalisme 
1. Teritorial ekspansionisme ke Daerah Lain 
2. Kebanggaan Nasional Peningkatan 
3. Meningkatkan Militer Mungkin 
4. Status sebagai Power Dunia 
c. Intra-Eropa Kompetisi dan Rivalitas 
d. Eropa "Age of Discovery" = Asia Tenggara "Age of Kolonialisme". Salah satu fenomena, dua interpretasi 
Pertama keliling Dunia 
2. Keuntungan ekonomi: 
a. Komersial Enterprise dan Perdagangan Internasional 
b. Perlu untuk Memperkuat ekonomi dengan meningkatkan kekayaan 
c. Merkantilisme: Logam Mulia 
d. Akumulasi Modal 
e. Rute laut ke Timur 

Karena perdagangan rempah-rempah bisa membuat mereka kaya, penjelajah termotivasi untuk menemukan rute laut lebih cepat dan lebih murah. Rute Eropa diblokir oleh rival kuat seperti negara-kota Italia Venesia dan Genoa dan kemudian pedagang Turki Konstantinopel (sekarang Istanbul). Kapal-kapal mereka memiliki kontrol dari Mediterania timur di mana perdagangan dengan Arab berlimpah. Setelah pelayaran yang terkenal Vasco da Gama mengelilingi Tanjung Harapan, Portugis harus berjuang pasukan Muslim dan pedagang saingan untuk mendapatkan bagian dari perdagangan rempah-rempah. Para penguasa Portugal dan Spanyol berusaha rute yang berbeda ke Hindia. Sementara Portugis berkonsentrasi pada usaha mereka ke selatan dan timur, Spanyol berusaha rute alternatif ke barat. 
f. . Pencarian untuk Bahan Baku, esp Rempah-rempah (Maluku: Rempah Kepulauan ") 

Rempah-rempah seperti lada, kayu manis, pala, jahe, atau cengkeh bagaikan harta untuk orang Eropa. Semua produk ini diproduksi di India, Ceylon, dan Maluku (yang dikenal sebagai Kepulauan Rempah-Rempah). 
g. 1800: Revolusi Industri 
7. Pencarian untuk Bahan Baku Baru 
2. Pasar Baru 

3. Budaya 
Kolonialisme ini terkait dengan ide bahwa cara hidup dari penjajah lebih baik daripada terjajah. 
a. "Beban White Man" 

o Rudyard Kipling menciptakan istilah 
o Inggris Cecil Rhodes, "Saya berpendapat bahwa kita orang Inggris adalah ras pertama di dunia, dan lebih dari dunia yang kita huni, semakin baik bagi umat manusia saya percaya itu adalah tugas saya untuk Tuhan, Ratu, dan. Saya negara ... " 
o Supremasi putih: kulit putih adalah makhluk tertinggi 
o Tanggung jawab seharusnya atau dugaan orang kulit putih untuk mengatur dan memberikan budaya mereka kepada orang-orang kulit putih, sering maju sebagai pembenaran bagi kolonialisme Eropa. 
o Kewajiban untuk menyebarkan cara-cara makhluk superior untuk makhluk rendah dengan cara-cara hidup rendah 
o Devaluasi budaya asli 
o "Peradaban Misi": Bawa Peradaban dengan "dunia beradab" 

b. Konversi ke Kristen 
o Spanyol dan Portugal menyebar Katolik Roma untuk koloni mereka dengan mengubah masyarakat adat 
o agama-agama lokal lebih rendah 

SEJARAH Kolonial 
Pada tanggal 7 Juni 1494, Spanyol dan Portugis menandatangani Perjanjian Tordesillas yang membagi dunia dalam dua bidang. Garis imajiner Samudera Atlantik: Spanyol memperoleh tanah ke barat, termasuk semua Amerika, kecuali Brasil, yang diberikan kepada Portugal. Bagian timur termasuk Afrika dan India diberikan ke Portugal. Dengan tidak adanya pengukuran akurat dari bujur , masalah di mana garis harus ditarik di Asia menolak untuk pergi. 
Portugal (1511-1641/1975): Portugis orang Eropa pertama untuk mendominasi perdagangan di ASIA TENGGARA dan yang pertama untuk mendirikan pos perdagangan dalam militer yang diduduki port (Barton 50). Mereka mengalahkan Muslim angkatan laut pada 1509 dan merebut Malaka pada tahun 1511 (Barton 50), sampai Belanda merebutnya pada tahun 1641. Asia Tenggara merasa Portugis dampak paling sedikit. Portugis dikontrol hanya wilayah kecil Timor Timur. 
Spanyol (1565-1898): Ferdinand Magellan mencapai Filipina pada tahun 1521 ekspedisi Spanyol 1525-1536 diklaim Filipina.. Pada 1565, Spanyol menaklukkan Cebu. Pada tahun 1571, Spanyol mendirikan kota Manila dan 1600 itu menguasai sebagian besar kepulauan (Barton 50). Para Katipunan (KKK)-Filipina-revolusioner di bawah Andrés Bonifacio berperang melawan Spanyol dan menjadi negara Asia pertama yang menjadi mandiri pada tahun 1898, kecuali bahwa AS mengambil kekuasaan pemerintahan setelahnya. 

Magellan Magellan memimpin mengelilingi dunia pertama. Dia lahir dari keluarga bangsawan yang lebih rendah dan dididik di pengadilan Portugis. Sama seperti Columbus yang datang sebelum dia, Magellan percaya bahwa Kepulauan Rempah dapat dicapai dengan berlayar barat, sekitar atau melalui Dunia Baru. Sebagai Magellan tidak mendapatkan dukungan dari monarki Portugis, ia mencari dan mendapat bantuan dari raja Spanyol remaja, Charles I (alias kaisar Romawi Suci Charles V ) pada tanggal 22 Maret 1518. Magellan mendapat lima kapal. Pada bulan September, 1519, ia berlayar dengan 270 laki-laki. Awak Italia-nya, Antonio Pigafetta , menyimpan buku harian dan dicatat pelayaran. Mereka berlayar ke Filipina, tiba pada tanggal 28 Maret 1521. Pada tanggal 7 April 1521, ia tiba di Cebu dan berteman dengan seorang raja pulau-Datu Humabon. Pada tanggal 14 April 1521, Datu Humabon dan 800 orang yang ditarik dalam baptisan massal. Kemudian, meskipun, Lapu-Lapu Magellan tewas dalam pertempuran di Mactan pada tanggal 27 April 1521. 
Sebastian del Cano mengambil alih tiga kapal yang tersisa dan 115 selamat. Dua kapal yang tersisa berlayar dari Filipina pada tanggal 1 dan berhasil mencapai Maluku (Kepulauan Rempah) pada bulan November, sarat dengan rempah-rempah yang berharga. Berharap bahwa setidaknya satu kapal akan kembali ke Spanyol, Trinidad pergi ke timur di Pasifik, sedangkan Victoria terus barat. Pada tanggal 6 September 1522, Victoria dan 18 awak kapal-termasuk Pigafetta-tiba di Spanyol. Ini adalah kapal pertama yang mengelilingi dunia. 

Spanyol dan Portugal menggunakan Cross dan Pedang. AS mengalahkan dan diganti Spanyol. 
Belanda (1605-1799 & 1825-1940): Belanda tiba di Indonesia pada tahun 1596 kolonialisme Belanda dilakukan awalnya oleh Belanda East India Company (VOC) 1605-1799.. Keasyikan utama itu adalah keuntungan dalam perdagangan melalui monopoli, bukan aturan politik. 
Ketika runtuh pada 1799, pemerintah Belanda mengambil alih aset VOC pada tahun 1825 dan menempatkan Indonesia di bawah otoritas administrasi, proses yang diselesaikan pada tahun 1930-an (Wilson). Belanda telah menguasai sebagian besar pulau-pulau komersial di Hindia Timur dan menduduki Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa (Barton 50). Mereka membangun pelabuhan di Batavia dan menendang keluar Portugis dari Hindia, kecuali untuk Timor Timur (Barton 50). 

Belanda tidak bisa menjaga Hindia Belanda setelah Perang Dunia II karena mereka berharap karena Indonesia terlibat perang pembebasan nasional untuk mendirikan republik di tahun 1945. PBB mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949. 
Belanda mengambil kerajaan mereka untuk melindungi perdagangan mereka. Dan mereka setelah komoditas. Tapi tidak sebagai bahan baku: ini adalah rempah-rempah, untuk dijual kembali. Belanda 250 tahun di Indonesia. 

Inggris (1824-1957): Inggris bagian dari kerajaan diperoleh melalui, atau untuk membantu, para pedagang. Menggunakan angkatan laut mereka, Inggris menembus ASIA TENGGARA dari sisi barat, sedangkan Prancis dari timur (Barton 50). Kekuatan yang digunakan Inggris untuk Birma lampiran antara 1826 dan 1888 (Barton 50) dalam tiga Anglo-Burmese Wars. Burma mempertahankan Inggris sebagai provinsi British India, seperti koloni lain yang terus identitas etnis mereka. Administrator atas dan menengah India Inggris memerintah Birma. Pada tahun 1935, Inggris setuju untuk memisahkan Burma dari India dan ini diberlakukan pada tahun 1937 (Wilson). Pada tahun 1948, Burma bernegosiasi dengan Inggris untuk kemerdekaannya. 

Inggris (Raffles) mendirikan Singapura pada 1819 dan menyerahkan Malaka Belanda ke Inggris pada tahun 1824 (Barton 50). Inggris diatur Penang (diperoleh pada 1786), Singapura, dan Malaka sebagai Straits Settlements dari mana Britania diperluas ke Semenanjung Melayu 1874-1914 (Wilson). Amerika Melayu dinegosiasikan untuk dan memperoleh kemerdekaan sebagai Federasi Malaya merdeka pada tahun 1957. Penang, Malaka, Sabah, Sarawak, dan Singapura menjadi bagian dari Malaysia pada tahun 1963, tetapi Singapura diberitahu untuk menarik di 1965 (Wilson). Brunei memutuskan untuk tetap keluar dari negara baru dan sekarang menjadi negara merdeka. 
Prancis (1859-1954): Orang Prancis, di bawah Louis XIV, bertukar kedutaan dengan Siam 1600-1700. Pengaruh Eropa pada ASIA TENGGARA diperkuat. Orang Prancis pergi ke Vietnam pada tahun 1858 dan merebut Saigon pada 1859 (Wilson). Dengan 1867, Perancis menganeksasi Cochin Cina (selatan) dan Kamboja. Yang digunakan Prancis Cochin Cina sebagai dasar dari mana mereka pindah ke arah barat dan utara. Dengan 1893, mereka mendirikan protektorat atas Annam, Laos, dan Tonkin, semua yang menjadi "Indochina Perancis" (Barton 50). Dengan 1907, Prancis menyelesaikan penaklukan mereka atas Indocina (Wilson). 

Pada akhir Perang Dunia II, Perancis berperang mencoba untuk mempertahankan kontrol atas wilayah ASIA TENGGARAsian nya. Indo-China Prancis berakhir dengan penghinaan Perancis di Dien Bien Phu pada tahun 1954. Pada Konferensi Jenewa tahun 1954, Vietnam merdeka. 
Mitos tentang Thailand: Ada mitos lama bahwa Thailand tidak pernah dijajah. Faktual berbicara, meskipun, Siam sedang diperas dari barat oleh Inggris dan dari timur oleh Perancis (Barton 58). Siam harus menyerahkan potongan besar tanah dalam pertukaran untuk menjaga integritas teritorialnya. Hanya inti tengah Siam kosong (Barton 58). 

USA (1898-1946): Setelah kemenangan global AS atas Spanyol pada tahun 1898, AS bergerak untuk menjajah Filipina. Laksamana Dewey mengalahkan Spanyol di Manila Bay pada tanggal 1 Mei 1898. Aguinaldo mendeklarasikan kemerdekaan Filipina pada 12 Juni 1898 dan Republik Filipina pada 23 Januari 1899 tetapi AS tidak mengenalinya. Oleh karena itu, Perang Filipina-Amerika dimulai pada 1899 dan berlangsung selama sekitar 10 tahun. Sekitar 400.000 sampai 600.000 orang Filipina tewas dan 10.000 orang Amerika meninggal. Pada 6 Februari 1899, Senat AS memilih untuk lampiran Filipina. Pada tanggal 4 Juli 1901, Presiden AS McKinley mendirikan pemerintahan sipil dan pengangkatan Komisi Filipina yang dipimpin oleh William Howard Taft. 
Mark Twain adalah musuh sastra paling terkenal dari Perang Filipina-Amerika dan ia menjabat sebagai wakil presiden dari Liga Anti-Imperialis dari 1901 sampai kematiannya. Filipina menjadi persemakmuran di tahun 1935 dan independen pada tahun 1946 setelah Perang Dunia II. 
Kekuatan-kekuatan kolonial Barat memiliki dampak ekonomi, sosial, politik, dan budaya pada bangsa dan negara ASIA TENGGARA. Mereka membawa perubahan yang cepat dalam ASIA TENGGARA. 

EFEK 
1. EKONOMI MASSA kepahitan 
2. SOSIAL-BUDAYA belahan dada 
3. PERTUMBUHAN EKONOMI 
MITRA Kolonial 
1. Pemiliham 
2. KERJA SAMA 
TANGGAPAN 
1. Nasionalisme 
2. PERJUANGAN UNTUK DIRI TEKAD 
3. GERAKAN ANTI-Kolonial PEMBEBASAN NASIONAL 
4. JEPANG AGRESI 
5. Dekolonisasi 

Nasionalisme, Dekolonisasi, dan Kemerdekaan 
Pengalaman kolonial berdampak pada bangkitnya anti-kolonial serta anti-fasis (anti-Jepang agresi) semangat nasionalis yang melahirkan gerakan kemerdekaan. Asia Tenggara elit menanggapi kolonialisme barat dalam sebuah kontinum mana saja dari adaptasi, kolaborasi, untuk perlawanan. Elit tradisional gagal dalam perjuangan mereka. Banyak intelektual Filipina mengidentifikasi diri mereka dengan kolonial Spanyol dan Amerika Serikat 
Gerakan keagamaan budaya dan adat muncul dan menekankan identitas nasional berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya tradisional. Misalnya, Young Man Asosiasi Buddhis di Burma didirikan pada 1906 bertujuan untuk menurunkan pengaruh barat. Di Indonesia, Sarekat Islam yang merupakan partai politik nasionalis (1912) bertujuan untuk membawa umat Islam Indonesia di bawah agenda reformis. 

Gaya Barat gerakan politik diciptakan, mereka mendapat inspirasi dari ideologi-ideologi barat dan model. Anak pendidikan Barat aristokrasi tradisional atau elite birokrasi di tingkat nasional dan guru sekolah, pejabat pemerintah dan pegawai di tingkat lokal lokal yang dipimpin gerakan nasionalis. Di Burma, mahasiswa Universitas Rangoon membentuk Asiyone Dobayma ("Kami Burman") masyarakat pada tahun 1935. Dobayman Asiyone anggota menyebut diri mereka Thakins ("Master"). Selain itu, Aung San, U Nu dan Ne Win akan naik menjadi tokoh kunci di Burma independen. 
Di Filipina, beberapa pemimpin yang terkena cita-cita Barat melancarkan perang revolusioner melawan Spanyol. Lain kemudian bekerja sama dengan AS 
Di Malaya, Melayu berpendidikan bergabung dengan layanan sipil dan bekerja sama dengan penguasa Inggris (Wilson). 
Indonesia berpendidikan Belanda membentuk Partai Nasionalis Indonesia (PNI) pada tahun 1927. Ini kemudian menjadi gerakan klandestin dan para pemimpin pergi ke pengasingan politik. 
Di Indocina, hanya di Vietnam adalah gerakan nasionalis ini. 
Pemimpin komunis dan partai meningkat di banyak bagian ASIA TENGGARA. Mereka aktif di Burma, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. 
Selain itu, elit ekonomi, administrasi dan politik baru muncul di mana cita-cita modernisasi dan tradisi berkompetisi. Identitas nasional baru diciptakan, mereka menarik pada simbol-simbol budaya tradisional dan sistem Barat. Pemimpin nasional karismatik seperti Ho Chi Minh dan Soekarno mewujudkan kebangkitan nasional. 
Perang Dunia II di Kawasan Asia-Pasifik 
Jepang menyerang Pearl Harbor dan Clark Air Base pada tanggal 7 Desember 1941. Agresi Jepang berlangsung di banyak bagian Asia dan Pasifik, termasuk negara-negara Asia Tenggara. 
Jepang menduduki Indocina melalui perjanjian dengan pemerintah Vichy yang pro-Jerman di Perancis (Wilson). 
Di Filipina, pasukan AS terakhir menyerah kepada Jepang pada Mei 1942. Jepang set sebuah boneka "independen" "Republik Filipina". Pada tanggal 20 Oktober 1944, pasukan AS kembali ke Filipina. Pada tanggal 4 Juli 1946, AS memberikan kemerdekaan ke Filipina. 
Pada tanggal 29 Maret 1942, Filipina menyelenggarakan Hukbalahap (Anti-Jepang Tentara Rakyat). Di Asia Tenggara, hanya Filipina berjuang pertempuran sengit melawan agresor Jepang. Pada puncaknya, ada 260.000 gerilyawan anti-Jepang. 
AS menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima dan Nagasaki. Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom pertama di Hiroshima. Sekitar 130.000 tewas, terluka, atau hilang, sementara 90% dari kota itu diratakan. Pada tanggal 9 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom kedua di Nagasaki. Sekitar 75.000 orang tewas atau terluka, sementara lebih dari 1 / 3 dari kota itu hancur. Pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada pasukan Sekutu di Tokyo, Jepang. 

Kesimpulan 
Negara-negara Asia Tenggara modern muncul dari sejarah mereka yang kaya, budaya beragam serta transformasi sosial mereka dari anti-Barat perjuangan kolonial mereka serta sebagai anti-Jepang perlawanan mereka selama Perang Dunia II. 



Makalah Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar belakang

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yang berfungsi sebagai  alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi. Kebenaran berbahasa akan berpengaruh terhadap kebenaran informasi yang disampaikan. Berbagai fenomena yang berdampak buruk pada kebenaran berbahasa yang disesuaikan dengan kaidahnya, dalam hal ini berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam pemakaian bahasa Indonesia saat ini sudah banyak mengalami perubahan bahasa karena adanya bahasa gaul yang berkembang pesat saat ini. Perkembangan itu menimbulkan banyak dampak yang terjadi terhadap penggunaan bahasa Indonesia.
Bahasa gaul memberikan banyak akibat-akibat. Dari anak-anak sampai dewasa hampir sudah tahu tentang bahasa gaul. Itu karena dampak dari globalisasi yang sudah hampir dirasakan beberapa tahun ini. Segalanya jadi serba mudah, untuk mengetahui sesuatu tempat kita tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke tempat itu. Dengan menggunakan internet kita bisa mencari sesuatu dengan cepat. Begitupun dengan bahasa gaul,dapat dicari dengan cepat melalui internet juga.

1.2.                                                Rumusan masalah

1.        Apa itu bahasa?
2.        Apa penyebab bahasa gaul mulai mendominasi dalam berkomunikasi dibandingkan Bahasa Indonesia?
3.        Apa pengaruh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia?
1.3.Tujuan

1.      Mengetahui penyebab penggunaan bahasa gaul
2.      Mengetahui penyebab perkembangan bahasa gaul
3.      Memberikan suatu informasi tentang apa itu bahasa gaul













BAB II
PEMBAHASAN


2.1       Apa itu bahasa

Menurut Chaer (dalam Massofa, 2009) bahasa adalah suatu bunyi yang bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan mengindenfikasi diri. Menurut pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa bahasa adalah berupa bunyi yang digunakan oleh masyarakat untuk  berkomunikasi.
Keraf (dalam Massofa, 2009) mengatakan bahwa bahasa mencakup dua bidang,yaitu bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap berupa arus bunyi dan yang mempunyai makna. Bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat terdiri atas dua bagian utama yaitu bentuk (arus ujaran) dan makna (isi). Menurut pendapat tersebutdapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang merupakan alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa bentuk dan makna.
Dalam Bahasa Gaul Terdapat dua situasi yang menggolongkan pemakaian bahasa di dalam masyarakat, yaitu situasi resmi dan tidak resmi. Bahasa yang digunakan pada situasi resmi menuntut penutur untuk menggunakan bahasa baku, bahasa formal. Penggunaan bahasa resmi terutama disebabkan oleh keresmian suasana pembicaraan atau komunikasi tulis yang menuntut adanya bahasa resmi. Contoh suasana pembicaraanresmi adalah pidato, kuliah, rapat, ceramah umum, dan lain-lain. Dalam bahasa tulis bahasa resmi banyak digunakan dalam surat dinas, perundang-undangan, dokumentasi resmi, dan dan lain-lain.Situasi tidak resmi akan memunculkan suasana penggunaan bahasa tidak resmi juga. Kuantitas pemakian bahasa tidak resmi banyak tergantung pada tingkat keakraban pelaku yang terlibat dalam komunikasi. Dalam situasi tidak resmi, penutur bahasa tidak resmi mengesampingkan pemakaian bahasa baku atau formal. Kaidah dan aturan dalam bahasa-bahasa baku tidak lagi menjadi perhatian. Prinsip yang dipakai dalam bahasatidak resmi adalah asal orang yang diajak bicara bisa mengerti. Situasi semacam inidapat terjadi pada situasi komunikasi remaja di sebuah mal, interaksi penjual dan pembeli, dan lain-lain. Dari ragam bahasa tidak resmi tersebut, selanjutnya memunculkan istilah yang disebut dengan istilah bahasa gaul. Saat ini bahasa gaul telah banyak terasimilasi dan menjadi umum. Bahasa gaul sering digunakan sebagai bentuk percakapan sehari-hari dalam pergaulan di lingkungansosial bahkan dalam media-media populer serperti TV, radio, dunia perfilman nasional,dan digunakan sebagai publikasi yang ditujukan untuk kalangan remaja oleh majalah-majalah remaja populer.Seperti halnya bahasa lain, bahasa gaul juga mengalami perkembangan.Perkembangan tersebut dapat berupa penambahan dan pengurangan kosakata. Tidak sedikit kata-kata yang akan menjadi kuno (usang) yang disebabkan oleh tren dan perkembangan zaman. Maka dari itu, setiap generasi akan memiliki ciri tersendiri sebagai identitas yang membedakan dari kelompok lain.
Dalam hal ini, bahasalah sebagai representatifnya.Dari segi fungsinya, bahasa gaul memiliki persamaan antara slang, dan prokem.Kosa kata bahasa remaja banyak diwarnai oleh bahasa prokem, bahasa gaul, dan istilahyang pada tahun 1970-an banyak digunakan oleh para pemakai narkoba (narkotika,obat-obatan dan zat adiktif). Hampir semua istilah yang digunakan bahasa rahasia diantara mereka yang bertujuan untuk menghindari campur tangan orang lain.
Bahasa gaul remaja merupakan bentuk bahasa tidak resmi.Oleh karenanya bahasa gaul remaja berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka bahasa gaul dari masa ke masa berbeda. Tidak mengherankan apabila bahasa gaul remaja digunakan dalam lingkungan dan kelompok sosial terbatas, yaitukelompok remaja. Hal ini berarti bahwa bahasa gaul hanya digunakan pada kelompok sosial yang menciptakannya. Anggota di luar kelompok sosial tersebut sulit untuk memahami makna bahasa tersebut.

2.2.      Mengapa bahasa gaul mulai mendominasi
Mengapa bahasa gaul mulai mendominasi dalam berkomunikasi dari pada bahasa Indonesia, mungkin karena :

1.      Kurangnya penggunaan bahasa Indonesia yang ditanamkan.
2.      Pengaruh pergaulan
3.      Globalisasi
4.      Teman sebaya

Oleh karena itu penggunaan bahasa Indonesia kurang diperhatikan oleh remaja kini khususnya. Bisa juga karena terpengaruh oleh film sinetron sinetron yang ada di Indonesia yang kebanyakan diselipi bahasa-bahasa gaul yang sering diucapkan oleh para pemeran disinetron itu.

2.3.      Apa pengaruh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yang berfungsi sebagai alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi. Kebenaran berbahasa akan berpengaruh terhadap kebenaran informasi yang disampaikan. Berbagai fenomena yang berdampak buruk pada kebenaran berbahasa yang disesuaikan dengan kaidahnya, dalam hal ini berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi.
                        Saat ini pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia film mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan bahasa gaul. Interferensi bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.
            Bahasa gaul merupakan salah satu cabang dari bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk pergaulan. Istilah ini mulai muncul pada akhir ahun 1980-an. Pada saat itu bahasa gaul dikenal sebagai bahasanya para bajingan atau anak jalanan disebabkan arti kata prokem dalam pergaulan sebagai preman. Sehubungan dengan semakin maraknya penggunaan bahasa gaul yang digunakan oleh sebagian masyarakat modern, perlu adanya tindakan dari semua pihak yang peduli terhadap eksistensi bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
Penggunaan bahasa gaul menjadi lebih dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian mengumpulkan kosa-kata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama Kamus Bahasa Gaul pada tahun 1999. Dapat kita simpulkan banyaknya kalangan remaja menggunakan bahasa gaul adakah akibat dari perkembangan zamanyang kian mengalami kemajuan baik dari dunia pendidikan sampai teknologi. Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya dalam masyarakat terutama dikalangan remaja.



















BAB III
PENUTUP


3.1.                                                Simpulan

Jadi dalam masalah pengaruh penggunaan bahasa gaul terhadapa penggunaan bahasa inodesia adalah dari masyarakatnya sendiri. Saat ini perkembangan teknologi sudah banyak terjadi perubahan. Semakin hari teknologi itu semakin berkembang pesat,maka dari itu banyak masyarakat kita yang mulai mengadobsi bahasa-bahasa lain,seperti contohnya bahasa gaul yang dapat melunturkan nilai dari bahasa itu sendiri.

3.2.                                                Saran
Cintailah apa yang menjadi milik kita,tidak perlu mencari hal baru yang lain yang bisa melunturkan cinta kita kepada apa yang sudah kita miliki. Cintailah bahasa Indonesia tidak perlu menggunakan bahasa-bahasa lain,kecuali bahasa daerah masing-masing karena bahasa daerah itu identitas dari daerah dimana kita berasal dan bahasa Indonesia itu indentitas dari dimana kita tinggal dan hidup.
           















                                                      

DAFTAR PUSTAKA

Faizah, Umi17 April 2009.   Bahasa Indonesi, Antara Variasi dan Penggunaan. (online)
Gaul.kompas.com,(online).(http://m.kompas.com.)
Sofa, Maret 31, 2009. Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Dikalangan Remaja (online)
2005.Bahasa Prokem Indonesia.Wikipedia Indonesia,(online).  (http://id.wikipedia.org )
2006.Remaja dan Mahasiswa Banyak Gunakan Bahasa  



MAKALAH Peranan Ulama Di Dalam Masyarakat

MAKALAH
Peranan Ulama Di Dalam
Masyarakat


Disusun guna memenuhi tugas
Mata kuliah  Sejarah Sosial
Oleh

Ananda saputra
31010101234

JURUSAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012


KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkatkan kehadirat Allah S.W.T berkat rahmatnya saya di beri kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini. Tanpa rahmat Allah mungkin saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar peranan ulama di masyarakat. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah S.W.T akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “peranan KH. M. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah seorang tokoh pendiri organisasi islam di indonesia” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.












BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Peranan ulama dalam menyebarkan agama islam di indonesia sangat besar. Sesuai dengan berkembangnya zaman semakin banyak ulama – ulama yang bermunculan. Peranan ulama di dalam masyarakat sangat besar sekali dalam menyebarkan ajaran – ajaran agama islam di indonesia. KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu contoh peranan ulama yang cukup mempengaruhi di dalam masyarakat. Dilahirkan memiliki garis nasab keturunan silsilah dari Nabi Muhammad SAW. Hingga peranan - peranannya dalam masyarakat di indonesia
Peranan - peranan KH. M. Hasyim Asy’ari yang sangat besar bagi masyarakat indonesia ini sengaja dipilih karena menarik untuk dicermati dan perlunya mendapat dukungan dalam memberitahukan peran yang di lakukan KH. M. Hasyim Asy’ari di dalam masyarakat.
B. RUMUSAN MASALAH
1. siapa itu KH. M. Hasyim Asy’ari?
2. bagaimana peranan dari KH. M. Hasyim Asy’ari?
3. apa saja karya-karya yang di hasilkan KH. M. Hasyim Asy’ari ?
C.  MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain, yaitu:
1. sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai peranan ulama di masyarakat
2. sebagai bahan evaluasi bagi pembaca makalah
3. sebagai referensi bagi pembaca

BAB II
KH. M. Hasyim Asy’ari  lahir Pada Hari Selasa Kliwon tanggal 14 Februari 1871 M, yang bertepatan dengan 24 Dzulqo’dah 1287, beliau kemudian diberi nama Muhammad Hasyim. Kelak beliau terkenal dengan nama Muhammad Hasyim Asy’ari. Nama yang dibelakang ini adalah nama ayahnya, Kiai Asy’ari. KH. M. Hasyim Asy’ari  bila di tarik garis nasabnya keatas maka beliau akan bersambung dengan Nabi Muhammad SAW, lewat Maulana Ishaq. Ayah Hadratus Syekh bernama Kiai Muhammad Asy’ari, seorang ulama’ tangguh berasal dari Gubug, Purwodadi Jawa tengah. Beliau adalah keturunan kelima Abdurrohman alias Joko tingkir. Menuntut ilmu ke berbagi pondok pesantren diantaranya Demak, Kudus, Jombang. Kemudian, tepatnya di desa keras beliau mendirikan pondok pesantren dan Masjid sebagai pusat pembelajaran serta peribadatan masyarakat sekitar. Dan di sanalah beliau dimakamkan.
Dari Komite Hijaz hingga Pendirian NU
Penjajahan panjang yang mengungkung bangsa Indonesia menggugah kesadaran kaum terpelajar untuk memperjuangkan martabat bangsa, melalui jalan pendidikan dan organisasi. Pada tahun 1908 muncul sebuah gerakan yang biasa disebut Kebangkitan Nasional. Semangat Kebangkitan Nasional terus menyebar ke mana-mana, sehingga muncullah berbagai organisai pendidikan, sosial, dan keagamaan.
Di kalangan pesantren muncul pula organisasi-organisasi pergerakan, seperti Nahdlatut Wathan (Kebangkitan Tanah Air) tahun 1916, dan Taswirul Afkar tahun 1918 (dikenal juga dengan Nahdlatul Fikri atau Kebangkitan Pemikiran). Dari situ kemudian didirikan Nahdlatut Tujjar, (Pergerakan Kaum Saudagar). Serikat itu dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya Nahdlatul Tujjar, maka Taswirul Afkar tampil sebagi kelompok studi serta lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota. Tokoh utama dibalik pendirian tafwirul afkar ini adalah tokoh muda, KH Abdul Wahhab Hasbullah (pengasuh PP. Bahrul Ulum Tambakberas), yang juga murid Hadratus syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Kelompok ini lahir sebagai bentuk kepedulian para ulama terhadap tantangan zaman di kala itu, baik dalam masalah keagamaan, pendidikan, sosial dan politik.
Pada masa itu, Raja Saudi Arabia, Ibnu Saud, berencana menjadikan madzhab Wahabi sebagai madzhab resmi Negara. Dia juga berencana menghancurkan semua peninggalan sejarah Islam yang selama ini banyak diziarahi kaum Muslimin dari seluruh penjuru dunia, karena dianggap bid’ah.
Di Indonesia, rencana tersebut mendapat sambutan hangat kalangan modernis seperti Muhammadiyah di bawah pimpinan Ahmad Dahlan, maupun PSII di bahwah pimpinan H.O.S. Tjokroaminoto. Sebaliknya, kalangan pesantren yang selama ini membela keberagaman, menolak pembatasan bermadzhab dan penghancuran warisan peradaban tersebut. Akibatnya, kalangan pesantren dikeluarkan dari keanggotaan Kongres Al Islam serta tidak dilibatkan sebagai delegasi dalam Mu’tamar ‘Alam Islami (Kongres Islam Internasional) di Mekah yang akan mengesahkan keputusan tersebut.
Didorong oleh semangat untuk menciptakan kebebasan bermadzhab serta rasa kepedulian terhadap pelestarian warisan peradaban, maka KH. Hasyim Asy’ari bersama para pengasuh pesantren lainnya, membuat delegasi yang dinamai Komite Hijaz. Komite yang diketuai oleh KH. Wahab Hasbullah ini datang ke Saudi Arabia dan meminta Raja Ibnu Saud untuk mengurungkan niatnya. Pada saat yang hampir bersamaan sama, datang pula tantangan dari berbagai penjuru dunia Islam atas rencana Raja Ibnu Saud tersebut, sehingga rencana itupun digagalkan. Hasilnya, hingga saat ini umat Islam bebas melaksanakan ibadah di Mekah sesuai dengan madzhab mereka masing-masing. Itulah peran internasional kalangan pesantren pertama, yang berhasil memperjuangkan kebebasan bermadzhab dan berhasil menyelamatkan peninggalan sejarah serta peradaban yang sangat berharga.
Tahun 1924, kelompok diskusi taswirul afkar ingin mengembangkan sayapnya dengan mendirikan sebuah organisasi yang ruang lingkupnya lebih besar. Hadratus syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari yang dimintai persetujuannya tentang rencana tersebut, meminta waktu untuk mengerjakan shalat istikharah, menohon petunjuk dari Allah. Namun dinanti-nanti sekian lama, petunjuk itu belum juga datang. Kiai Hasyim Asy’ari sangat gelisah. Dalam hati kecilnya beliau ingin berjumpa dan membicarakan hal itu kepada gurunya, KH Khalil bin Abdul Latif, Bangkalan.
Ketika KH. M. Hasyim Asy’ari menerima kedatangan pemuda As’ad, dan mendengar ayat tersebut, hatinya langsung bergentar. Keinginanku untuk membentuk jamiyah agaknya akan tercapai
Dan pada Akhirnya, pada tanggal 16 Rajab 1344 H/31 Januari 1926 M, organisasi itu telah lahir dengan nama jam’iyah Nahdhatul Ulama’, yang artinya kebangkitan ulama. KH. M. Hasyim Asy’ari dipercaya sebagai Rais Akbar pertama. Kelak, jam’iyah ini menjadi organisasi dengan anggota terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.
karya-karya Hadratus syekh
Adapun karya-karya Hadratus syekh yang dapat di telusuri dan dinikmati hingga saat ini diantaranya ialah:
1. Al-Tibyan fi an-nahy ‘an muqathaah al-arham wa al-aqarib wa al-ikhwan. Penjelasan dalam melarang memutus silaturrahim sanak famili, kerabat dan saudara.
2. Mukaddimah al-Qanun al-Asasy Li Jam’iyyah Nahdhatul Ulama. Pembukaan undang-undang dasar (landasan hukum pokok) organisasi Nahdhatul Ulama’
3. Risalah fi ta’kid al-akhdz bimadzhab al-aimmah al-arba’ah. Risalah yang menerangkan memperkuat berpegang teguh atas madzhab empat.
4. Mawaidz. Beberapa Nashihat.
5. Arba’in haditsan tata’alliq bi Mabadi’ Jam’lyah Nahdhatul Ulama’. 40 hadits Nabi yang terkait dengan dasar-dasar Nahdhatul Ulama’
Kelima kitab Hadratus syekh di atas yaitu,at-tibyan, al-qanun al-asasy, risalah, dan arbain dikumpulkan menjadi satu kitab yang diatasnya diberi judul besar AT-TIBYAN berjumlah 41 halaman.
1. An-Nur al-Mubin fi mahabbah sayyid al-mursalin. Cahaya yang jelas menerangkan cinta kepada pemimpin para rasul.
2. At-Tanbihat al- Wajibatliman yashna’ al-maulid bi al-munkarat. Peringatan-peringatan wajib untuk orang yang mengadakan kegiatan maulid dicampuri dengan kemungkaran
3. Risalah Ahli Sunnah Wal Jama’ah fi hadits al-mauta wa syrat as-sa’ah wa bayan mafhum as-sunnah wa al-bid’ah. Risalah ahli sunnah wal jama’ah menerangkan tentang hadits-hadits yang menjelaskan kematian serta tanda-tanda hari qiyamat dan menjelaskan kefahaman sunnah dan bid’ah.
4. Ziyadah Ta’liqat a’la mandzumah as-Syekh ‘abdullah bin yasin al-fasuruani . Tambahan yang berhubungan atas nadzm syekh abdullah bin yasin Fasuruan.
5. Dhu’ul Misbah fi bayan ahkam an-nikah. Cahayanya sebuah yang benderang menerangkan hukum-hukum nikah.
6. Ad-Durosul Muntasyiroh Fi Masail Tis’a ‘asyaraoh. Mutiar yang memancar dalam menerangkan 19 masalah.
7. Hasyiyah ‘ala Fath ar-rahman bi syarah risalah al-wali ruslan li Syekh al-islam Zakariya al-anshari. Komentar atas kitab fath ar-rahman penjelas kitab risah al-wali ruslan karya Syekh al-islam Zakariya al-anshari.
8. Ar-rsalah at-tauhidiyah. Risalah tauhid.
9. Al-qalaid fi bayani ma yajib min al-aqaid.
10. Ar-risalah al-jama’ah.[2]
11. Ar-risalah fi al -’aqaid. Menerangkan aqidah
12. Ar-risalah fi at-tasawwuf. Menerangkan tentang ilmu tashawwuf
13. Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim fima yahtaju ilaih al-muta’allim fi ahwal ta’limih wa ma yatawaqqaf ‘alaih al-muallim fi maqat ta’limih .Sopan santun orang yang alim dan pelajar





KESIMPULAN
.KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu contoh peranan ulama yang cukup mempengaruhi di dalam masyarakat. Karya – karya yang di hasilkannya adalah salah satu bentuk penyebaran ajaran – ajaran tentang islam di indonesia. Menjadi komite hijaz sampai mendirikan organisasi islam terbesar di indonesia merupakan suatu bukti bentuk peranannya dalam masyarakat. Peranan yang di lakukan oleh KH. M. Hasyim Asy’ari dalam masyarakat menjadikannya seseorang yang patut untuk menjadi panutan dalam menyebarkan agama islam bagi kalangan muslim di indonesia.




















DAFTAR PUSTAKA