Monday, February 12, 2018

Makalah Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar belakang

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yang berfungsi sebagai  alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi. Kebenaran berbahasa akan berpengaruh terhadap kebenaran informasi yang disampaikan. Berbagai fenomena yang berdampak buruk pada kebenaran berbahasa yang disesuaikan dengan kaidahnya, dalam hal ini berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam pemakaian bahasa Indonesia saat ini sudah banyak mengalami perubahan bahasa karena adanya bahasa gaul yang berkembang pesat saat ini. Perkembangan itu menimbulkan banyak dampak yang terjadi terhadap penggunaan bahasa Indonesia.
Bahasa gaul memberikan banyak akibat-akibat. Dari anak-anak sampai dewasa hampir sudah tahu tentang bahasa gaul. Itu karena dampak dari globalisasi yang sudah hampir dirasakan beberapa tahun ini. Segalanya jadi serba mudah, untuk mengetahui sesuatu tempat kita tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke tempat itu. Dengan menggunakan internet kita bisa mencari sesuatu dengan cepat. Begitupun dengan bahasa gaul,dapat dicari dengan cepat melalui internet juga.

1.2.                                                Rumusan masalah

1.        Apa itu bahasa?
2.        Apa penyebab bahasa gaul mulai mendominasi dalam berkomunikasi dibandingkan Bahasa Indonesia?
3.        Apa pengaruh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia?
1.3.Tujuan

1.      Mengetahui penyebab penggunaan bahasa gaul
2.      Mengetahui penyebab perkembangan bahasa gaul
3.      Memberikan suatu informasi tentang apa itu bahasa gaul













BAB II
PEMBAHASAN


2.1       Apa itu bahasa

Menurut Chaer (dalam Massofa, 2009) bahasa adalah suatu bunyi yang bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan mengindenfikasi diri. Menurut pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa bahasa adalah berupa bunyi yang digunakan oleh masyarakat untuk  berkomunikasi.
Keraf (dalam Massofa, 2009) mengatakan bahwa bahasa mencakup dua bidang,yaitu bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap berupa arus bunyi dan yang mempunyai makna. Bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat terdiri atas dua bagian utama yaitu bentuk (arus ujaran) dan makna (isi). Menurut pendapat tersebutdapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang merupakan alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa bentuk dan makna.
Dalam Bahasa Gaul Terdapat dua situasi yang menggolongkan pemakaian bahasa di dalam masyarakat, yaitu situasi resmi dan tidak resmi. Bahasa yang digunakan pada situasi resmi menuntut penutur untuk menggunakan bahasa baku, bahasa formal. Penggunaan bahasa resmi terutama disebabkan oleh keresmian suasana pembicaraan atau komunikasi tulis yang menuntut adanya bahasa resmi. Contoh suasana pembicaraanresmi adalah pidato, kuliah, rapat, ceramah umum, dan lain-lain. Dalam bahasa tulis bahasa resmi banyak digunakan dalam surat dinas, perundang-undangan, dokumentasi resmi, dan dan lain-lain.Situasi tidak resmi akan memunculkan suasana penggunaan bahasa tidak resmi juga. Kuantitas pemakian bahasa tidak resmi banyak tergantung pada tingkat keakraban pelaku yang terlibat dalam komunikasi. Dalam situasi tidak resmi, penutur bahasa tidak resmi mengesampingkan pemakaian bahasa baku atau formal. Kaidah dan aturan dalam bahasa-bahasa baku tidak lagi menjadi perhatian. Prinsip yang dipakai dalam bahasatidak resmi adalah asal orang yang diajak bicara bisa mengerti. Situasi semacam inidapat terjadi pada situasi komunikasi remaja di sebuah mal, interaksi penjual dan pembeli, dan lain-lain. Dari ragam bahasa tidak resmi tersebut, selanjutnya memunculkan istilah yang disebut dengan istilah bahasa gaul. Saat ini bahasa gaul telah banyak terasimilasi dan menjadi umum. Bahasa gaul sering digunakan sebagai bentuk percakapan sehari-hari dalam pergaulan di lingkungansosial bahkan dalam media-media populer serperti TV, radio, dunia perfilman nasional,dan digunakan sebagai publikasi yang ditujukan untuk kalangan remaja oleh majalah-majalah remaja populer.Seperti halnya bahasa lain, bahasa gaul juga mengalami perkembangan.Perkembangan tersebut dapat berupa penambahan dan pengurangan kosakata. Tidak sedikit kata-kata yang akan menjadi kuno (usang) yang disebabkan oleh tren dan perkembangan zaman. Maka dari itu, setiap generasi akan memiliki ciri tersendiri sebagai identitas yang membedakan dari kelompok lain.
Dalam hal ini, bahasalah sebagai representatifnya.Dari segi fungsinya, bahasa gaul memiliki persamaan antara slang, dan prokem.Kosa kata bahasa remaja banyak diwarnai oleh bahasa prokem, bahasa gaul, dan istilahyang pada tahun 1970-an banyak digunakan oleh para pemakai narkoba (narkotika,obat-obatan dan zat adiktif). Hampir semua istilah yang digunakan bahasa rahasia diantara mereka yang bertujuan untuk menghindari campur tangan orang lain.
Bahasa gaul remaja merupakan bentuk bahasa tidak resmi.Oleh karenanya bahasa gaul remaja berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka bahasa gaul dari masa ke masa berbeda. Tidak mengherankan apabila bahasa gaul remaja digunakan dalam lingkungan dan kelompok sosial terbatas, yaitukelompok remaja. Hal ini berarti bahwa bahasa gaul hanya digunakan pada kelompok sosial yang menciptakannya. Anggota di luar kelompok sosial tersebut sulit untuk memahami makna bahasa tersebut.

2.2.      Mengapa bahasa gaul mulai mendominasi
Mengapa bahasa gaul mulai mendominasi dalam berkomunikasi dari pada bahasa Indonesia, mungkin karena :

1.      Kurangnya penggunaan bahasa Indonesia yang ditanamkan.
2.      Pengaruh pergaulan
3.      Globalisasi
4.      Teman sebaya

Oleh karena itu penggunaan bahasa Indonesia kurang diperhatikan oleh remaja kini khususnya. Bisa juga karena terpengaruh oleh film sinetron sinetron yang ada di Indonesia yang kebanyakan diselipi bahasa-bahasa gaul yang sering diucapkan oleh para pemeran disinetron itu.

2.3.      Apa pengaruh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yang berfungsi sebagai alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi. Kebenaran berbahasa akan berpengaruh terhadap kebenaran informasi yang disampaikan. Berbagai fenomena yang berdampak buruk pada kebenaran berbahasa yang disesuaikan dengan kaidahnya, dalam hal ini berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi.
                        Saat ini pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia film mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan bahasa gaul. Interferensi bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.
            Bahasa gaul merupakan salah satu cabang dari bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk pergaulan. Istilah ini mulai muncul pada akhir ahun 1980-an. Pada saat itu bahasa gaul dikenal sebagai bahasanya para bajingan atau anak jalanan disebabkan arti kata prokem dalam pergaulan sebagai preman. Sehubungan dengan semakin maraknya penggunaan bahasa gaul yang digunakan oleh sebagian masyarakat modern, perlu adanya tindakan dari semua pihak yang peduli terhadap eksistensi bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
Penggunaan bahasa gaul menjadi lebih dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian mengumpulkan kosa-kata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama Kamus Bahasa Gaul pada tahun 1999. Dapat kita simpulkan banyaknya kalangan remaja menggunakan bahasa gaul adakah akibat dari perkembangan zamanyang kian mengalami kemajuan baik dari dunia pendidikan sampai teknologi. Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya dalam masyarakat terutama dikalangan remaja.



















BAB III
PENUTUP


3.1.                                                Simpulan

Jadi dalam masalah pengaruh penggunaan bahasa gaul terhadapa penggunaan bahasa inodesia adalah dari masyarakatnya sendiri. Saat ini perkembangan teknologi sudah banyak terjadi perubahan. Semakin hari teknologi itu semakin berkembang pesat,maka dari itu banyak masyarakat kita yang mulai mengadobsi bahasa-bahasa lain,seperti contohnya bahasa gaul yang dapat melunturkan nilai dari bahasa itu sendiri.

3.2.                                                Saran
Cintailah apa yang menjadi milik kita,tidak perlu mencari hal baru yang lain yang bisa melunturkan cinta kita kepada apa yang sudah kita miliki. Cintailah bahasa Indonesia tidak perlu menggunakan bahasa-bahasa lain,kecuali bahasa daerah masing-masing karena bahasa daerah itu identitas dari daerah dimana kita berasal dan bahasa Indonesia itu indentitas dari dimana kita tinggal dan hidup.
           















                                                      

DAFTAR PUSTAKA

Faizah, Umi17 April 2009.   Bahasa Indonesi, Antara Variasi dan Penggunaan. (online)
Gaul.kompas.com,(online).(http://m.kompas.com.)
Sofa, Maret 31, 2009. Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Dikalangan Remaja (online)
2005.Bahasa Prokem Indonesia.Wikipedia Indonesia,(online).  (http://id.wikipedia.org )
2006.Remaja dan Mahasiswa Banyak Gunakan Bahasa  



MAKALAH Peranan Ulama Di Dalam Masyarakat

MAKALAH
Peranan Ulama Di Dalam
Masyarakat


Disusun guna memenuhi tugas
Mata kuliah  Sejarah Sosial
Oleh

Ananda saputra
31010101234

JURUSAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012


KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkatkan kehadirat Allah S.W.T berkat rahmatnya saya di beri kesehatan dan kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini. Tanpa rahmat Allah mungkin saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar peranan ulama di masyarakat. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah S.W.T akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “peranan KH. M. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah seorang tokoh pendiri organisasi islam di indonesia” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.












BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Peranan ulama dalam menyebarkan agama islam di indonesia sangat besar. Sesuai dengan berkembangnya zaman semakin banyak ulama – ulama yang bermunculan. Peranan ulama di dalam masyarakat sangat besar sekali dalam menyebarkan ajaran – ajaran agama islam di indonesia. KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu contoh peranan ulama yang cukup mempengaruhi di dalam masyarakat. Dilahirkan memiliki garis nasab keturunan silsilah dari Nabi Muhammad SAW. Hingga peranan - peranannya dalam masyarakat di indonesia
Peranan - peranan KH. M. Hasyim Asy’ari yang sangat besar bagi masyarakat indonesia ini sengaja dipilih karena menarik untuk dicermati dan perlunya mendapat dukungan dalam memberitahukan peran yang di lakukan KH. M. Hasyim Asy’ari di dalam masyarakat.
B. RUMUSAN MASALAH
1. siapa itu KH. M. Hasyim Asy’ari?
2. bagaimana peranan dari KH. M. Hasyim Asy’ari?
3. apa saja karya-karya yang di hasilkan KH. M. Hasyim Asy’ari ?
C.  MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini antara lain, yaitu:
1. sebagai bahan kajian para mahasiswa mengenai peranan ulama di masyarakat
2. sebagai bahan evaluasi bagi pembaca makalah
3. sebagai referensi bagi pembaca

BAB II
KH. M. Hasyim Asy’ari  lahir Pada Hari Selasa Kliwon tanggal 14 Februari 1871 M, yang bertepatan dengan 24 Dzulqo’dah 1287, beliau kemudian diberi nama Muhammad Hasyim. Kelak beliau terkenal dengan nama Muhammad Hasyim Asy’ari. Nama yang dibelakang ini adalah nama ayahnya, Kiai Asy’ari. KH. M. Hasyim Asy’ari  bila di tarik garis nasabnya keatas maka beliau akan bersambung dengan Nabi Muhammad SAW, lewat Maulana Ishaq. Ayah Hadratus Syekh bernama Kiai Muhammad Asy’ari, seorang ulama’ tangguh berasal dari Gubug, Purwodadi Jawa tengah. Beliau adalah keturunan kelima Abdurrohman alias Joko tingkir. Menuntut ilmu ke berbagi pondok pesantren diantaranya Demak, Kudus, Jombang. Kemudian, tepatnya di desa keras beliau mendirikan pondok pesantren dan Masjid sebagai pusat pembelajaran serta peribadatan masyarakat sekitar. Dan di sanalah beliau dimakamkan.
Dari Komite Hijaz hingga Pendirian NU
Penjajahan panjang yang mengungkung bangsa Indonesia menggugah kesadaran kaum terpelajar untuk memperjuangkan martabat bangsa, melalui jalan pendidikan dan organisasi. Pada tahun 1908 muncul sebuah gerakan yang biasa disebut Kebangkitan Nasional. Semangat Kebangkitan Nasional terus menyebar ke mana-mana, sehingga muncullah berbagai organisai pendidikan, sosial, dan keagamaan.
Di kalangan pesantren muncul pula organisasi-organisasi pergerakan, seperti Nahdlatut Wathan (Kebangkitan Tanah Air) tahun 1916, dan Taswirul Afkar tahun 1918 (dikenal juga dengan Nahdlatul Fikri atau Kebangkitan Pemikiran). Dari situ kemudian didirikan Nahdlatut Tujjar, (Pergerakan Kaum Saudagar). Serikat itu dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya Nahdlatul Tujjar, maka Taswirul Afkar tampil sebagi kelompok studi serta lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota. Tokoh utama dibalik pendirian tafwirul afkar ini adalah tokoh muda, KH Abdul Wahhab Hasbullah (pengasuh PP. Bahrul Ulum Tambakberas), yang juga murid Hadratus syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Kelompok ini lahir sebagai bentuk kepedulian para ulama terhadap tantangan zaman di kala itu, baik dalam masalah keagamaan, pendidikan, sosial dan politik.
Pada masa itu, Raja Saudi Arabia, Ibnu Saud, berencana menjadikan madzhab Wahabi sebagai madzhab resmi Negara. Dia juga berencana menghancurkan semua peninggalan sejarah Islam yang selama ini banyak diziarahi kaum Muslimin dari seluruh penjuru dunia, karena dianggap bid’ah.
Di Indonesia, rencana tersebut mendapat sambutan hangat kalangan modernis seperti Muhammadiyah di bawah pimpinan Ahmad Dahlan, maupun PSII di bahwah pimpinan H.O.S. Tjokroaminoto. Sebaliknya, kalangan pesantren yang selama ini membela keberagaman, menolak pembatasan bermadzhab dan penghancuran warisan peradaban tersebut. Akibatnya, kalangan pesantren dikeluarkan dari keanggotaan Kongres Al Islam serta tidak dilibatkan sebagai delegasi dalam Mu’tamar ‘Alam Islami (Kongres Islam Internasional) di Mekah yang akan mengesahkan keputusan tersebut.
Didorong oleh semangat untuk menciptakan kebebasan bermadzhab serta rasa kepedulian terhadap pelestarian warisan peradaban, maka KH. Hasyim Asy’ari bersama para pengasuh pesantren lainnya, membuat delegasi yang dinamai Komite Hijaz. Komite yang diketuai oleh KH. Wahab Hasbullah ini datang ke Saudi Arabia dan meminta Raja Ibnu Saud untuk mengurungkan niatnya. Pada saat yang hampir bersamaan sama, datang pula tantangan dari berbagai penjuru dunia Islam atas rencana Raja Ibnu Saud tersebut, sehingga rencana itupun digagalkan. Hasilnya, hingga saat ini umat Islam bebas melaksanakan ibadah di Mekah sesuai dengan madzhab mereka masing-masing. Itulah peran internasional kalangan pesantren pertama, yang berhasil memperjuangkan kebebasan bermadzhab dan berhasil menyelamatkan peninggalan sejarah serta peradaban yang sangat berharga.
Tahun 1924, kelompok diskusi taswirul afkar ingin mengembangkan sayapnya dengan mendirikan sebuah organisasi yang ruang lingkupnya lebih besar. Hadratus syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari yang dimintai persetujuannya tentang rencana tersebut, meminta waktu untuk mengerjakan shalat istikharah, menohon petunjuk dari Allah. Namun dinanti-nanti sekian lama, petunjuk itu belum juga datang. Kiai Hasyim Asy’ari sangat gelisah. Dalam hati kecilnya beliau ingin berjumpa dan membicarakan hal itu kepada gurunya, KH Khalil bin Abdul Latif, Bangkalan.
Ketika KH. M. Hasyim Asy’ari menerima kedatangan pemuda As’ad, dan mendengar ayat tersebut, hatinya langsung bergentar. Keinginanku untuk membentuk jamiyah agaknya akan tercapai
Dan pada Akhirnya, pada tanggal 16 Rajab 1344 H/31 Januari 1926 M, organisasi itu telah lahir dengan nama jam’iyah Nahdhatul Ulama’, yang artinya kebangkitan ulama. KH. M. Hasyim Asy’ari dipercaya sebagai Rais Akbar pertama. Kelak, jam’iyah ini menjadi organisasi dengan anggota terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.
karya-karya Hadratus syekh
Adapun karya-karya Hadratus syekh yang dapat di telusuri dan dinikmati hingga saat ini diantaranya ialah:
1. Al-Tibyan fi an-nahy ‘an muqathaah al-arham wa al-aqarib wa al-ikhwan. Penjelasan dalam melarang memutus silaturrahim sanak famili, kerabat dan saudara.
2. Mukaddimah al-Qanun al-Asasy Li Jam’iyyah Nahdhatul Ulama. Pembukaan undang-undang dasar (landasan hukum pokok) organisasi Nahdhatul Ulama’
3. Risalah fi ta’kid al-akhdz bimadzhab al-aimmah al-arba’ah. Risalah yang menerangkan memperkuat berpegang teguh atas madzhab empat.
4. Mawaidz. Beberapa Nashihat.
5. Arba’in haditsan tata’alliq bi Mabadi’ Jam’lyah Nahdhatul Ulama’. 40 hadits Nabi yang terkait dengan dasar-dasar Nahdhatul Ulama’
Kelima kitab Hadratus syekh di atas yaitu,at-tibyan, al-qanun al-asasy, risalah, dan arbain dikumpulkan menjadi satu kitab yang diatasnya diberi judul besar AT-TIBYAN berjumlah 41 halaman.
1. An-Nur al-Mubin fi mahabbah sayyid al-mursalin. Cahaya yang jelas menerangkan cinta kepada pemimpin para rasul.
2. At-Tanbihat al- Wajibatliman yashna’ al-maulid bi al-munkarat. Peringatan-peringatan wajib untuk orang yang mengadakan kegiatan maulid dicampuri dengan kemungkaran
3. Risalah Ahli Sunnah Wal Jama’ah fi hadits al-mauta wa syrat as-sa’ah wa bayan mafhum as-sunnah wa al-bid’ah. Risalah ahli sunnah wal jama’ah menerangkan tentang hadits-hadits yang menjelaskan kematian serta tanda-tanda hari qiyamat dan menjelaskan kefahaman sunnah dan bid’ah.
4. Ziyadah Ta’liqat a’la mandzumah as-Syekh ‘abdullah bin yasin al-fasuruani . Tambahan yang berhubungan atas nadzm syekh abdullah bin yasin Fasuruan.
5. Dhu’ul Misbah fi bayan ahkam an-nikah. Cahayanya sebuah yang benderang menerangkan hukum-hukum nikah.
6. Ad-Durosul Muntasyiroh Fi Masail Tis’a ‘asyaraoh. Mutiar yang memancar dalam menerangkan 19 masalah.
7. Hasyiyah ‘ala Fath ar-rahman bi syarah risalah al-wali ruslan li Syekh al-islam Zakariya al-anshari. Komentar atas kitab fath ar-rahman penjelas kitab risah al-wali ruslan karya Syekh al-islam Zakariya al-anshari.
8. Ar-rsalah at-tauhidiyah. Risalah tauhid.
9. Al-qalaid fi bayani ma yajib min al-aqaid.
10. Ar-risalah al-jama’ah.[2]
11. Ar-risalah fi al -’aqaid. Menerangkan aqidah
12. Ar-risalah fi at-tasawwuf. Menerangkan tentang ilmu tashawwuf
13. Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim fima yahtaju ilaih al-muta’allim fi ahwal ta’limih wa ma yatawaqqaf ‘alaih al-muallim fi maqat ta’limih .Sopan santun orang yang alim dan pelajar





KESIMPULAN
.KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu contoh peranan ulama yang cukup mempengaruhi di dalam masyarakat. Karya – karya yang di hasilkannya adalah salah satu bentuk penyebaran ajaran – ajaran tentang islam di indonesia. Menjadi komite hijaz sampai mendirikan organisasi islam terbesar di indonesia merupakan suatu bukti bentuk peranannya dalam masyarakat. Peranan yang di lakukan oleh KH. M. Hasyim Asy’ari dalam masyarakat menjadikannya seseorang yang patut untuk menjadi panutan dalam menyebarkan agama islam bagi kalangan muslim di indonesia.




















DAFTAR PUSTAKA

Friday, February 09, 2018

Download film sejarah pada zaman pra aksara (film 10.000 BC)

download film pra aksaraFilm 10.000 BC ini mungkin kurang tepat bila 10.000 BC di kategorikan sebagai film sejarah. 10.000 BC saya masukan ke sini karena dalam film ini setidaknya kita bisa melihat bagaimana kehidupan zaman pra aksara. Kehidupan dari manusia purba yg masih bergantung pada alam dapat dilihat di dalam film 10.000 BC.

10.000 BC menurut saya dapat menjadi pembelajaran sejarah pada materi manusia pra aksara, sehingga bapak - ibu guru bisa lebih mudah membuat anak didiknya mengerti tentang kehidupan pada masa pra aksara.

untuk lebih mengenal tentang masa pra aksara bisa buka pada link dibawah ini
Ciri - ciri manusia purba di indonesia
- Hasil Kebudayaan zaman batu dan zaman logam
- Pengertian zaman pra aksara
- Pembagian zaman menurut geologi
- Manusia purba di Dunia

Film ini bercerita tentang epik prasejarah tentang perjalanan pemuda pemburu mammouth melewati wilayah yang belum dipetakan demi menyelamatkan sukunya dari para penculik. Dan ia harus melawan monster di sepanjang jalan. untuk mendonwload filmnya bisa klik link donwload dibawah ini

DOWNLOAD FILM 10.000 BC

Cara mendownload
1. kLIK dOWNLOAD lalu akan muncul halaman ad.fly
2. tunggu 5 detik sampai muncul tulisan Skip ad di pjok kanan atas
3. lalu Klik Skip ad setelah itu muncul halaman solidfiles
4. dan Klik Download

Thursday, February 08, 2018

Istilah dalam Jaringan Komputer

1.AVI (Audio Video Interleave)
Merupakan format audio dan video yang digunakan oleh Windows, 
yang merupakan format umum untuk film dan video yang singkat. Sebuah klik film berdurasi 20 detik dalam format .avi bisa berukuran sebesar 3MB

2.Mailing List (Milis)
Suatu tempat diskusi melalui e-mail antara beberapa peserta online.

3.MAN 
Sistem jaringan komputer yang  digunakan untuk menggabungkan komputer antar gedung dalam satu kota

4.LAN
Sistem jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu gedung.

5.Modem (Modulate/Demodulate)
Suatu alat bantu bagi komputer untuk berkomunikasi satu sama lain 
melalui jaringan telepon. 

6.Morphing 
Dikenal orang sebagai penggabungan bentuk atau gambar-gambar yang disempurnakan

7.Adapter
Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.
 8.Batch
Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan. 

9. Benchmark
Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.


10.Cache memory
Tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

11. Capture
Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

12. Chip
Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.

13. Computer Graphics Interface/ CGI
Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

14.Crash
Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

15. Cray
Sebutan untuk jenis komputer yang besar dan cepat, sebesar almari es, 64-bit, kecepatan 165 MHz.

16. Data compression
Memadatkan data atau informasi pada suatu fail agar penyimpanan lebih efisien

17. Desktop Publishing
Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualiti tinggi.

18. Dial Access
Komunikasi yang dapat diakses melalui fasiliti/kemudahan hubungan antara jaringan yang dihasilkan melalui jalur telefon biasa .

19.Download:proses pengunduhan suatu file dari internet.

20.upload:proses pengunggahan suatu file dari komputer ke dunia maya.

21. DOS
Sinngkatan dari Disk Operating System atau Sistem Pengoperasian Disket/Cakera. Adalah program atau aturcara yang membolehkan komputer beroperasi

22. Expansion Bus
Bus ekspansi adalah slot-slot yang terdapat pada motherboard, dipakai sebagai penghubung motherboard dengan card- card komputer.
23.Ethernet
Kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibuat oleh perusahaan DEC, Intel dan XEROX yang menggunakan topologi (konfigurasi) bus dan mengandalkan pada bentuk akses yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) untuk mengatur lalu lintas pada jalur komunikasi utama.

24. Feature
Kemampuan, atau sifat yang unik, menarik, atau yang diinginkan atau diberikan dari sebuah program atau komputer atau hardware lainnya.

25. Firewall
Software yang dikombinasikan dengan hardware khusus yang menciptakan 'dinding pembatas' agar orang luar yang tidak berhak boleh mengakses suatu laman.

26. GIF/ Graphics Interchange Format
Fail format untuk mengkompres dan menyimpan grafik yang di uploaded  ke online services.

27. Grapical User Interface / GUI
Format tampilan yang mengandalkan interface grafik yang ditunjukkan dengan penggunaan tombol gambar (icon) dan daftar menu pull-down pada layar.

28. Groupware
Tipe software/ peringkat tinggi yang mendukung penggunaan objek pada waktu yang bersamaan (seperti dokumen, kalender, dan spreadsheet) oleh banyak pengguna jaringan.

29. Home PC
merupakan jenis komputer pribadi yang dirancang untuk dipakai di rumah dan harganya sesuai dengan barang rumah tangga termasuk dengan fasiliti hiburannya.

30.ZIP
Nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP.

31. Host
Sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.

32. Hypermedia
Integrasi grafik, suara dan video, atau sebarang kombinasi menjadi penyimpanan dan pemanggilan sistem inforamsi asosiasi yang primer.

33. Impact Printer
Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas.

34. Ink-jet Printer
Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas.

35. Intel
Salah satu perusahaan pembuat mikroprosesor yang mempopularkan Pentium yang terkenal di dunia.

36. IDE/ Integrated Devide Elektronic
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri.

37. ISO/ International Piawaiands Organization
Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional.

38. Intranet
Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi.

39.Imaging
 jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan.

40. Jack
Konektor yang dirancang khusus untuk menerima stopkontak. Biasanya jack dihubungkan ke rangkaian untuk membuat hubungan audio-video.


41. Log-on atau Log-in
Proses awal 'menggunakan' suatu komputer jaringan yang ditandai dengan mengidentifikasi kata sendi pengguna yang dikenal komputer jaringan.

42. Multiuser system
Sebarang sistem komputer yang dapat dipakai oleh lebih dari satu orang.

43. Offline
Status dimana suatu alat tidak dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

44. Online
Aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.

45. Postcript Page Description Language
Bahasa pemrograman yang khusus untuk mendefinisikan tampilan dokumen, biasanya menyediakan kapabilitas huruf yang fleksibel dan grafik dengan kualitas tinggi.

46. Plotter
Alat untuk menggambar grafik, diagram dan grafik garis lainnya yang menggunakan pena atau muatan elektrostatik dan toner.

47. Pentium
Sebutan untuk prosesor Intel 80586 disebut juga P5. Prosesor Pentium berasaskan operasi 64-bit dan memiliki 3.1 juta buah transistor.

48.Prosesor
Alat yang berfungsi sebagai otak komputer.

49.Pixel
Suatu titik kisi-kisi yang terdiri dari ribuan titik satu per satu untuk membentuk suatu gambar pada layar oleh komputer atau pada kertas printer.

50.Port
Tempat untuk meneruskan data masuk dan keluar dari alat komputasi melalui kabel.